Apa Itu Roof Rack? Simak Pengertian, Fungsi, Jenis, Dan Cara Memasangnya

Apa Itu Roof Rack? Simak Pengertian, Fungsi, Jenis, Dan Cara Memasangnya

Roof rack merupakan aksesoris yang sering digunakan sebagian orang jika ingin membawa barang bawaan supaya muat dalam satu mobil-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pernahkah kamu melihat mobil yang membawa barang bawaan banyak di atas atap menggunakan semacam rak yang dipasang di atas atap? Jika ya, rak tersebut adalah aksesoris yang dikenal dengan istilah roof rack.

Roof rack merupakan aksesoris yang sering digunakan sebagian orang jika ingin membawa barang bawaan supaya muat dalam satu mobil. 

Mungkin sebagian orang tidak mengetahui istilah roof rack, maka dari itu arikel ini akan memberikan informasi mengenai apa itu roof rack, jenis-jenis, dan cara memasang roof rack. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini. 

Apa Itu Roof Rack? 

Roof rack merupakan seperangkat palang besi yang dipasang pada atap mobil, guna untuk membawa barang-barang yang ukurannya cenderung besar seperti koper, sepeda, kano, kayak, ski, dan berbagai barang besar lainnya. 

Aksesoris ini memungkinkan pemilik mobil membawa barang tanpa mengorbankan ruang yang ada di dalam mobil. 

BACA JUGA:Cek Fitur dan Harga Hyundai Seven Concept: Tawarkan Fitur Semi Otonom Level 3

Tahukah kamu, ternyata roof rack sudah dikenal sejak lama. Bahkan hingga akhir tahun 1970-an, hampir tiap semua mobil penumpang dilengkapi dengan talang hujan di atapnya. 

Sejak pertengahan 1970-an, mobil mulai dibuat tanpa talang hujan dan di tahun 1980-an model ini pun menyebar. Pada akhirnya aksesoris ini harus dibuat dengan sistem baru supaya nggak lagi bergantung pada talang hujan. 

Saat ini kita bisa menemukan banyak tipe dan desain yang berbeda-beda. Semuanya cenderung bisa dipasang di berbagai tipe mobil apa pun. Entah itu mobil SUV hingga sedang bisa dipasangi dengan aksesoris ini.

5 Jenis Roof Rack

Ada sejumlah jenis yang pernah digunakan dan beberapa masih digunakan hingga kini. Berikut ini adalah jenis roof rack yang perlu kamu tahu sebelum membeli:

BACA JUGA:Simak Fitur Suzuki All New Ertiga Hybrid Cruise: Mobil Hybrid Canggih Solusi Saat Macet

1. Rain Gutter

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: