Apa Itu Roof Rack? Simak Pengertian, Fungsi, Jenis, Dan Cara Memasangnya

Apa Itu Roof Rack? Simak Pengertian, Fungsi, Jenis, Dan Cara Memasangnya

Roof rack merupakan aksesoris yang sering digunakan sebagian orang jika ingin membawa barang bawaan supaya muat dalam satu mobil-Pinterest -

5. Factory Bars

Banyak juga mobil yang dilengkapi dengan rak-rak menonjol di bagian atapnya, khusus untuk memasang roof rack yang cocok. Factory bars ini sifatnya permanen dan nggak bisa dilepas.

Keunggulan factory bars adalah kokoh dan mantap, sehingga mudah sekali memasang roof rack, tapi sebagian pengguna mobil banyak yang nggak suka desain mobil dengan factory bars. 

Cara Memasang Roof Rack

Cara pemasangan tentu tergantung dari jenisnya. Tiap pabrikan juga mungkin memiliki cara pemasangan yang berbeda-beda. Pada dasarnya, cara memasang aksesoris ini pada atap mobil adalah seperti berikut:

BACA JUGA:Cek Spesifikasi Fitur-fitur Toyota Hilux Rangga, Tenaga Luar Biasa Kebutuhan Masyarakat Indonesia

  • Pertama-tama, bersihkan dulu atap mobil yang mungkin saja kotor. Kalau sudah dipasangi, nantinya kotoran akan lebih sulit dibersihkan.
  • Jika sudah, selanjutnya kamu bias melepaskan mur. Tiap roof rack pasti ada murnya, meskipun jumlah dan posisinya bisa berbeda-beda, tergantung dari jenis dan ukurannya. 
  • Pisahkan bukaan dudukan kaki agar cukup lebar dan bisa masuk ke palang besi, lalu masukkan ke palang besi. 
  • Pastikan posisi tepat berada di tengah-tengah mobil supaya posisinya tepat. Kalau posisi tidak pas, bisa-bisa terlepas dan jadi nggak aman selama di perjalanan, bahkan bisa membahayakan pengguna jalan lainnya. 
  • Terakhir adalah kencangkan roof rack. Pastikan semua bagian yang dimur terpasang dengan kencang dan tidak ada bagian yang longgar. 
  • Setelah meletakkan barang-barang, sebaiknya pasang kunci supaya makin aman. Jangan lupa, perhatikan limit bobot supaya nggak kelebihan muatan. 

BACA JUGA:Simak Fitur Suzuki All New Ertiga Hybrid Cruise: Mobil Hybrid Canggih Solusi Saat Macet

Itulah informasi mengenai apa itu roof rack, jenis-jenis, dan cara memasang roof rack. Perlu diingat menggunakan roof rack memiliki risiko kecelakaan karena penggunaannya sendiri ialah untuk membawa barang bawaan yang banyak. Bawaan barang yang berlebih dapat menggangu performa mobil saat tengah melakukan perjalanan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: