Tenyata Ini Penyebab AC Mobil Mengeluarkan Bau Tidak Sedap, Simak Juga Cara Mengatasinya

Tenyata Ini Penyebab AC Mobil Mengeluarkan Bau Tidak Sedap, Simak Juga Cara Mengatasinya

Kehadiran AC atau pendingin kabin mobil membuat perjalanan berkendara Anda semakin nyaman-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pernahkah Anda mencium bau tidak sedap di dalam mobil? Mengapa hal itu dapat terjadi? Simak jawabannya di artikel berikut ini! 

Tak dapat dipungkiri lagi jika, kehadiran AC atau pendingin kabin mobil membuat perjalanan berkendara Anda semakin nyaman. 

Pasalnya dengan adanya AC, Anda akan tetap merasa sejuk di dalam mobil meskipun cuaca di luar sangat panas. 

Selain itu, menyalakan AC dapat membantu mobil lebih cepat menyerap pewangi mobil agar suasana di dalam mobil menjadi rileks dan ruang kabin menjadi lebih wangi. 

Namun, ada kalanya Anda mencium bau tidak sedap meskipun telah menggunakan pewangi mobil. Kemungkinan penyebab bau tidak sedap itu berasal dari AC Mobil, bukan pewangi mobil. 

BACA JUGA:Cegah Risiko Kecelakaan, Simak Tips Aman Berkendara di Jalan Tol

Bau tidak sedap yang keluar dari AC mungkin berbeda-beda di setiap mobil. Hal ini karena penyebab bau tersebut juga beragam. Berikut beberapa penyebab AC Mobil mengeluarkan bau tidak sedap:

Penyebab AC Mobil Bau Tidak Sedap

  • Evaporator Bocor

Evaporator merupakan salah satu bagian dari sistem AC mobil. Komponen ini berfungsi untuk menyerap panas dari udara agar hawa panas di mobil berkurang. 

Saat evaporator dalam kondisi kotor, bakteri dan jamur akan muncul di dalamnya. Hal ini karena evaporator menjadi lembab.

Kelembaban terjadi karena uap yang dihembuskan keluar melalui AC sesekali akan menempel di evaporator sehingga jamur dapat tumbuh dan menyebabkan bau tidak sedap.

Selain itu, Evaporator bocor juga dapat mengakibatkan bau. Bau yang tercium adalah bau freon yang khas. Semakin besar kebocoran dan sisa freon, semakin terasa baunya. Sebaiknya Anda selalu mengecek dan membersihkan evaporator sebelum hal tersebut terjadi.

BACA JUGA:Inilah Kelebihan dan Kekurangan Rem Hidrolik pada Mobil

  • Freon Habis

Bau freon tidak hanya disebabkan oleh evaporator bocor. Bau freon juga dapat tercium saat freon akan habis. AC hanya akan mengeluarkan angin, bukan udara dingin. Kompresor tidak berhenti bekerja saat AC hidup meski freon hampir habis. Akibatnya, bau tidak sedap akan masuk ke dalam mobil.

  • Filter Kotor

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: