Cegah Risiko Kecelakaan, Simak Tips Aman Berkendara di Jalan Tol

Cegah Risiko Kecelakaan, Simak Tips Aman Berkendara di Jalan Tol

Tips untuk berkendara dengan aman di jalan tol-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kecelakaan di jalan tol sangat sering terjadi, hal ini bisa menjadi sangat fatal dan memakan korban jiwa. 

Fenomena kecelakaan di jalan tol tidak sekali dua kali terjadi di Indonesia dan kerap memakan korban jiwa. Belum lagi jika berbicara mengenai cuaca dan curah hujan.

Hujan mampu mengurangi jarak pandang pengemudi, mengurangi gesekan kendaraan dengan permukaan jalan raya, dan menghalangi jalur lalu lintas bila terjadi genangan atau banjir.

Keamanan berkendara wajib diutamakan di manapun dan kapanpun, tidak terkecuali di jalan tol yang mana laju kecepatan kendaraan cenderung tinggi. 

Maka dari itu, berikut ini sejumlah tips untuk berkendara dengan aman di jalan tol termasuk saat hujan.

BACA JUGA:Jangan Panik, Ini Dia Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci Dari Dalam

1. Waspada terhadap genangan air atau tumpahan oli

Genangan air yang terjadi saat atau setelah hujan atau tumpahan oli dari kendaraan lain dapat menyebabkan fenomena 'jalan licin.'

Kondisi ini dapat mengurangi gaya gesekan antara roda kendaraan dengan jalanan. Hal ini dapat menyebabkan kendaraan tergelincir saat situasi tertentu, seperti penarikan rem setelah melaju dalam kecepatan tinggi.

2. Jaga jarak dengan kendaraan lain

Pastikan untuk memiliki cukup jarak dengan kendaraan di depan. Ini dilakukan untuk mengantisipasi apabila kendaraan tersebut berhenti secara mendadak.

Selain itu, pada saat hujan, cara ini efektif untuk mencegah kendaraan lain mencipratkan genangan air yang dapat memperburuk jarak pandang.

BACA JUGA:Berikut Tips Netralkan Suhu Kabin Mobil Agar Berkendara Semakin Nyaman

3. Pegang roda kemudi dengan dua tangan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: