Jangan Ada yang Lupa! Ini Dia Persiapan Mudik Naik Motor

Jangan Ada yang Lupa! Ini Dia Persiapan Mudik Naik Motor

Hal pertama yang perlu dipersiapkan untuk mudik naik motor adalah pastinya kondisi motor. --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Mudik menggunakan motor menjadi pilihan banyak orang karena dirasa lebih praktis dan murah dibandingkan transportasi umum. Apalagi jika hanya membawa diri sendiri atau maksimal dua orang dengan jarak dekat. Hanya saja kamu perlu memperhatikan beberapa persiapan Mudik naik motor biar kenyamanan dan keselamatannya tetap terjaga.

Pengecekan dan Persiapan Mudik Naik Motor
Apa yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Mudik Naik Motor? Ketika naik motor apa saja sih yang dibutuhkan untuk menunjang Mudik lebih nyaman? Kamu perlu cek beberapa persiapannya di bawah ini!

BACA JUGA:Pilih Mana, Kaca Film LLumar vs Solar Gard?

Cek Kondisi Motor
Hal pertama yang perlu dipersiapkan untuk mudik naik motor adalah pastinya kondisi motor. Di sini kamu perlu banget untuk cek secara keseluruhan bagian motornya mulai dari mesin, aki, rem, oli sampai dengan ban. Kondisi motor yang benar-benar prima bakalan terasa lebih enteng dan nggak was-was selama perjalanan.

Pertama, kamu perlu membawa motormu untuk cek ke bengkel apa saja yang memerlukan perbaikan atau penggantian. Kedua, catat tanggal-tanggal penting seperti kapan waktunya ganti oli, air aki dan ban biar terasa lebih nyaman ketika dikemudikan. Ketiga, cek mandiri tiga hari sebelum berangkat mudik berkaitan kondisi ban, rem dan lampu motor.

Ketika mudik tiba memang ada kemungkinan bakalan banyak bengkel buka, hanya saja kita nggak pernah tahu bengkel mana yang dekat ketika terjadi macet motornya. Selain itu, dengan mempersiapkan kondisi motor juga membuat perjalananmu menjadi menyenangkan tanpa buang-buang waktu harus perbaikan di tengah jalan.

BACA JUGA:Ini Dia Daftar Merek Ban Mobil yang Bagus dan Tahan Lama

Cek Kondisi Fisik
Selain kondisi motor, hal kedua yang perlu dipersiapkan adalah kondisi fisik pengendaranya. Mengendarai motor diperlukan konsentrasi yang lebih tinggi dan keseimbangan biar nggak gampang jatuh atau salah jalan. Sehingga kamu harus dalam kondisi sehat sebelum menyetir dan jangan dalam kondisi setelah mengkonsumsi obat karena berpotensi gampang ngantuk.

Biar tetap sehat menjelang mudik tiba maka kamu harus mempersiapkan kondisi fisikmu mulai sekarang. Pertama, penuhi asupan makanan bernutrisi seimbang mulai dari karbohidrat, serat dan protein setiap harinya. Kedua, bekali tubuh dengan istirahat tidur cukup paling nggak 7 sampai 8 jam setiap harinya.

Ketiga, lengkapi kebutuhan kondisi tubuh dengan vitamin tambahan biar nggak mudah sakit. Jika memungkinkan tiga hari sebelum berangkat mudik kamu harus mengurangi aktivitas pekerjaan yang berat seperti lembur atau kerja tambahan lainnya. Sehingga sewaktu berangkat mudik dengan sepeda motor kamu bakalan tetap enjoy dan sehat sampai tujuan.

BACA JUGA:Mini Morris, Si Mungil yang Ikonik dan Klasik

Cek Surat Penting
Hal ketiga yang nggak kalah penting dipersiapkan adalah surat penting motor dan identitas diri. Berkendara motor juga harus selalu membawa surat penting mulai dari SIM, KTP dan STNK untuk mempermudahmu dalam melalui jalan besar. Apalagi jika ada penertiban lalu lintas dari polisi, jika nggak bawa surat maka perjalananmu bakalan terkendala.

Seminggu sebelum berangkat kamu memang wajib banget untuk list barang apa saja yang bakalan dibawa selama mudik, termasuk di dalamnya surat penting. Mengendarai motor memang rawan terkena hujan dan panas sehingga simpan surat berharga dalam plastik tahan air kemudian masukkan ke dalam dompet kecil.

Dengan begitu ketika dibutuhkan sewaktu-waktu kamu tinggal mengambil dompet dan menunjukkannya. Membawa surat penting seperti identitas diri juga mempermudah kita ditemukan ketika terjadi apa-apa di tengah jalan. Sehingga keluarga bisa langsung mengambil tindakan karena identitas yang sudah jelas tersebut.

BACA JUGA:Ingin Minuman Sehat dan Menyegarkan Saat Buka Puasa, dr Zaidul Akbar Bagikan Resepnya

Cek Persiapan Bekal
Seperti yang sudah disinggung di poin sebelumnya, kita memang perlu banget untuk cek persiapan bekal apa saja yang bakalan dibawa. Bekal di sini berkaitan dengan makanan dan obat-obatan penting wajib konsumsi oleh pengendara. Naik motor memang bakalan sulit untuk menikmati makanan ketika di jalan, namun nggak menutup kemungkinan bisa memakannya saat istirahat.

Cara ini nggak hanya membuatmu bisa lebih hemat dalam pengeluaran untuk mudik, namun juga membuatmu lebih tenang selama perjalanan. Jadi, ketika lapar atau butuh sesuatu kamu tinggal berhenti dan mengambilnya di tasmu nggak perlu lagi cari-cari toko atau apotek. Jadi, waktu tempuh yang dihabiskan juga bakalan lebih ringkas.

Tips penting biar nggak terlalu banyak muatan makanan dan obat adalah bawa jenis makanan yang nggak makan tempat dan nggak mudah hancur saat di tas. Hindari membawa makanan ringan snack yang banyak anginnya namun utamakan bawa roti dan biskuit yang lebih kecil. Kemudian untuk obat bawalah minyak oles, balsam, obat lambung dan pusing (ketika dibutuhkan).

BACA JUGA:Polisi Gencar Lakukan Razia, Miras dan Ratusan Liter Tuak Dimusnahkan

Cek Bahan Bakar
Hal kelima yang perlu kamu cek sebelum berangkat mudik adalah bahan bakar dari motornya. Pastikan tanki sudah dalam kondisi penuh biar nggak bingung cari tempat isi bensin saat di tengah jalan. Kamu perlu tahu kalau menjelang mudik tiba bahan bakar memang sangat sulit didapatkan (langka).

Kalaupun ada pom bensin yang buka biasanya antreannya bakalan super panjang, sehingga menghambat waktu berangkatmu. Lebih baik kamu beli bahan bakar jauh-jauh hari sebelum menggunakannya untuk berangkat. Hal ini bertujuan untuk menghindari motor tiba-tiba mati saat tengah malam dan sulit untuk menjangkau lokasi pom bensin terdekat.

Cek Muatan Barang
Hal keenam yang harus diperhatikan adalah muatan barang secara keseluruhan. Jika tadinya hanya bahas bekal dan surat penting maka kali ini adalah keseluruhan barang yang bakalan kamu tenteng saat berkendara motor. Tentunya muatan motor juga ada batasnya dan nggak bisa untuk membawa barang terlalu banyak.

BACA JUGA:Biar Tahu! Ini Manfaat dan Aturan Pakai Biomega

Biar nggak terjadi overload maka kamu perlu cek dulu barang apa saja yang sekiranya perlu dibawa dan posisi bepergianmu (sendiri atau bersama teman). Pertama, cek dulu berapa hari kamu bakalan pergi untuk mempertimbangkan baju ganti yang bakalan dibawa. Kedua, pastikan barang itu masuk ke dalam satu tas ransel dan tas tenteng (maksimal).

Apalagi jika kamu perginya berboncengan, tentu saja barang muatan yang dibawa harus lebih sedikit dibandingkan berangkat sendirian. Sehingga baik pengendara maupun yang dibonceng nggak cepat lelah atau kram karena harus menahan muatan yang sangat berat.

Cek Rute Mudik
Hal terakhir yang nggak boleh ketinggalan adalah kamu perlu cek rute jalanan untuk mudik. Penting banget untuk tahu beberapa jalan alternatif yang bisa dilalui jika terjadi kemacetan atau penutupan jalan tiba-tiba. Sehingga kamu nggak bakalan bingung mencari jalan saat sudah terlanjur berangkat atau bahkan jadi gagal mudik.

BACA JUGA:Masih Bingung dengan Waktu Imsak, Simak Penjelasan Ustaz Adi Hidayat Berikut Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: