Masih Bingung dengan Waktu Imsak, Simak Penjelasan Ustaz Adi Hidayat Berikut Ini

Masih Bingung dengan Waktu Imsak, Simak Penjelasan Ustaz Adi Hidayat Berikut Ini

Ustaz Adi Hidayat jelaskan waktu imsak yang sebenarnya-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Menurut penjelasan Ustaz Adi Hidayat, banyak orang yang keliru mengenai waktu imsak yang sebenarnya adalah tanda dimulainya ibadah puasa.

Dalam ceramahnya, Ustaz kelahiran Pandeglang, Banten, menjelaskan bahwa definisi puasa dan imsak sebenarnya sama. Menurutnya, hal ini telah diungkapkan oleh sejumlah imam.

BACA JUGA:Wanita Haid Tetap Bisa Mendapatkan Pahala Ramadhan, Ustaz Adi Hidayat Bagikan Caranya

BACA JUGA:Hati-hati! Orang-orang Ini Tak Mendapat Ampunan di Bulan Ramadhan, Ustaz Adi Hidayat Jelaskan Cirinya

Hal tersebut disampaikan Ustaz Adi Hidayat dalam suatu ceramah yang videonya diunggah oleh kanal Youtube Ceramah Pendek.

"Nama lain dari saum itu imsak, jadi ada tiga nama. Yang satu saum, siam tiga imsak. Imsak itu nama lain puasa, jadi kalau sudah disebutkan imsak itu puasa," ungkap Ustaz Adi Hidayat.

Banyak orang yang tidak mengetahui waktu imsak. Ustaz Adi Hidayat menjelaskan bahwa waktu imsak sebenarnya adalah saat adzan subuh.

"Kapan waktu dimulai puasa? Kalau fajar sudah mulai muncul, kalau subuh muncul maka kita sudah dilarang untuk makan dan minum lagi. Fajar mucul tandanya, waktu itu ditandai dengan adzan,"  jelas Ustaz Adi Hidayat.

Jika telah mendengar adzan subuh, itu menandakan dimulainya waktu imsak atau waktu untuk memulai berpuasa.

"Jadi kalau sudah masuk waktu subuh, adzan berkumandang maka pada saat itu puasa dimulai, jadi kalau sudah adzan kalian mulai berpuasa tidak boleh makan dan minum lagi," tambah Ustaz Adi Hidayat.

Menurut Ustaz Adi Hidayat, banyak orang yang keliru memahami waktu imsak. Bahkan, di wilayah pedalaman, masih banyak orang yang salah memahaminya lebih jauh.

BACA JUGA:Bolehkah Membatalkan Puasa Saat Mudik? Ini Kata Ustaz Adi Hidayat

BACA JUGA:Agar Selamat dan Bahagia di Dunia dan Akhirat, Ustaz Adi Hidayat Sarankan Minta 4 Hal Ini di Bulan Ramadhan

"Jadi jangan keliru, ada juga saat adzan masih makan masih minum. Dulu masih ada istilah di daerah-daerah 'kok masih makan? Tenang adzannya belum selesai' oh mau sampai kapan selesai? Baiturrahim selesai, Al Azhar masih adzan, anda mau cari apa? begitu adzan ya selesai," ujar Ustaz Adi Hidayat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: