Apakah Menelan Ludah Membatalkan Puasa? Ini Penjelasan dan Syarat Menelan Ludah Saat Puasa

Apakah Menelan Ludah Membatalkan Puasa? Ini Penjelasan dan Syarat Menelan Ludah Saat Puasa

Hukum Menelan Ludah Saat Puasa -Pinterest -

Hukumnya menjadi berbeda apabila suami istri berciuman sehingga menelan ludah pasangannya. 

Jika demikian, puasanya menjadi batal. Meskipun mencium suami atau istri tidak membatalkan puasa, sebaiknya ciuman itu tidak dilakukan berlebihan, apalagi sampai menelan ludah satu sama lain. 

2. Ludah tercampur dengan zat lainnya 

Contoh seorang penjahit yang meluruskan benang menggunakan lidahnya. Apabila pada benang itu terdapat cairan pewarna, meskipun hanya setitik, kemudian bercampur dengan ludahnya, hal itu dianggap membatalkan puasa.

Apabila seorang koki mencicipi masakan, kemudian tersisa sebutir gula pasir, kemudian tercampur dengan ludah hingga tertelan, kondisi itu membatalkan puasa. 

Pada dasarnya, mencicipi masakan selama puasa diperbolehkan asalkan tidak sampai tertelan. Lihat ketentuan detailnya di sini. 

BACA JUGA:Persiapan Puasa Untuk Ibu Menyusui, Perhatikan Hal Berikut Ini

3. Air liur masih berada di dalam mulut 

Apabila air ludah dikeluarkan, kemudian dikumpulkan di dalam gelas, kemudian diminum lagi, hal tersebut membatalkan puasa. 

Apakah Menelan Dahak Membatalkan Puasa? Sama seperti menelan ludah, menelan dahak tidaklah membatalkan puasa.

Dahak dianggap sebagai cairan yang biasa ditemui dalam tubuh manusia dan bukan termasuk dalam hal-hal yang membatalkan puasa, seperti makan, minum, atau hubungan suami istri. 

Namun demikian, ada baiknya untuk berusaha menahan diri dari menelan dahak secara sengaja selama berpuasa, karena puasa tidak hanya tentang menahan diri dari makan dan minum, tetapi juga tentang meningkatkan kesadaran spiritual dan kebersihan diri. Jika seseorang menelan dahak tanpa sengaja, puasanya tetap sah dan tidak perlu diulang.

BACA JUGA:Bolehkah Mandi Junub Setelah Sahur, Ini Jawaban Ustaz Adi Hidayat

Nah, itulah dia hukum mengenai menelan ludah saat berpuasa serta bagaimana menelan ludah tanpa membatalkan puasa. Semoga bermanfaat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: