Tidak Hanya Lapar dan Haus, Berikut Tantangan Dalam Menjalankan Ibadah Puasa

Tidak Hanya Lapar dan Haus, Berikut Tantangan Dalam Menjalankan Ibadah Puasa

Tantangan yang harus dihadapai oleh sebagian orang yang mungkin baru ingin memulai berpuasa,-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Selama bulan suci ramadhan kita akan dihadapkan oleh beberapa tantangan yang dapat melatih rasa sabar. 

Pasalnya, pada saat berpuasa tubuh harus tetap menghadapi rutinitas yang padat. 

Dan selama itu pula kita tidak mengonsumsi makan dan minum, berbagai organ tubuh dari mulut hingga usus ikut beradaptasi dengan pola makan dan minum yang berubah. 

Lantas apa saja tantangan yang harus dihadapai oleh sebagian orang yang mungkin baru ingin memulai berpuasa, berikut 5 tantangan saat puasa yang dikutip dari berbagai sumber diantaranya: 

BACA JUGA:Sambil Menunggu Adzan Maghrib, Yuk Lakukan Kegiatan Ramadhan Anak Ini!

1. Lapar dan Haus

Tantangan selama berpuasa yang pertama adalah lapar dan haus. Keduanya menjadi efek yang paling terasa akibat tidak terpenuhinya asupan makanan dan minuman dalam waktu yang panjang. 

Nah, salah satu cara untuk menghindari hal ini adalah dengan mengetahui apa penyebab lapar semakin terasa. Penyebabnya bisa terjadi akibat aktivitas yang terlalu berat atau makan sahur yang kurang mengenyangkan. 

Setelah mengetahui alasannya, kamu bisa mencegah hal itu terjadi dengan menjauhi penyebabnya. Seiring berjalannya waktu, tubuh akan beradaptasi, sehingga rasa lapar dan haus tak lagi terasa.

BACA JUGA:Bolehkah Sholat Tahajud Setelah Sholat Tarawih, Ini Kata Ustaz Adi Hidayat

2. Mengantuk

Tantangan selama berpuasa yang terakhir adalah mengantuk. Wajar saja, karena tubuh akan kekurangan waktu tidur dan bangun lebih awal dari biasanya untuk melaksanakan sahur. 

Untuk mencegah kantuk di siang hari, kamu bisa tidur siang selama beberapa menit. Jangan terlalu lama, ya! Alih-alih menghilangkan kantuk, tidur terlalu lama justru akan membuat badan kamu menjadi lemas. 

Selain itu, kamu juga disarankan untuk tidur lebih cepat di malam hari. Usahakan untuk membuat ruangan senyaman mungkin agar kamu lebih cepat terlelap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: