Mengenal Sejarah Kopi Robusta Khas Bengkulu, Salah Satu Kopi Terbaik di Indonesia

Mengenal Sejarah Kopi Robusta Khas Bengkulu, Salah Satu Kopi Terbaik di Indonesia

Mengenal Sejarah Kopi Robusta Khas Bengkulu, Salah Satu Kopi Terbaik di Indonesia -Pinterest-

Daerah yang ada di Bengkulu yang menjadi penghasil kopi hingga saat ini setidaknya ada tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Kepahiang, Kabupaten Rejang Lebong, Seluma, Daerah Bengkulu Tengah, Bengkulu Selatan, dan Bengkulu Utara.

Sebagai salah satu penghasil kopi terbesar di Sumatera (setelah Lampung dan Sumatra Selatan), Bengkulu ikut berperan menyumbang sekitar 70% ekspor kopi Robusta di Indonesia. Sebagai penghasil kopi kualitas ekspor, tentu saja kualitas kopi Bengkulu telah teruji.

BACA JUGA:Anantari Cafe, Cafe Hits Semarang Tawarkan Konsep Kafe dengan Pemandangan Alam Mempesona

Bahkan pada ajang AEKI AICE Coffee Contest 2016, kopi Bengkulu masuk ke dalam daftar penghasil kopi terbaik di Indonesia. AEKI adalah singkatan dari Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia. 

Dalam kontes yang diselenggarakan dengan AEKI dan PPKKI (Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia) ini kopi Robusta dari Kabupaten Kepahiang dinobatkan sebagai satu dari 15 kopi terbaik di Indonesia.

Kopi dari daerah Bengkulu sebagian besar berjenis Robusta (95%). Sisanya adalah jenis Arabika yang terpusat di wilayah Bukit Kaba, yaitu di daerah Kabupaten Rejang Lebong dan Kepahiang. Selain itu ada varietas kopi Liberica yang sekarang masuk dalam kategori kopi Bengkulu yang berasa khas.

Keunikan rasa kopi dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti faktor geografis wilayah perkebunan kopi, komposisi tanah, dan proses pengolahan kopi hingga menjadi hasil akhir yang siap dinikmati.

BACA JUGA:Anetos Coffee, Kafe Yang Mengusung Konsep Ala Santorini Yunani di Semarang

Kopi Bengkulu jenis Robusta umumnya diolah secara alami. Hasil dari pengolahan ini menjadikan biji kopi olahan menjadi kuat, memiliki level keasaman agak tinggi, dan berasa cokelat yang tajam. 

Oleh karena itu banyak orang yang mengatakan jika kopi Bengkulu terasa lebih pahit, terutama yang berasal dari daerah Kepahiang. 

Sementara itu untuk jenis kopi Arabika, pemrosesannya dilakukan dengan melibatkan fermentasi selama 24 jam, sehingga menghasilkan rasa kopi yang lembut, rasa yang lebih fruity, serta tingkat keasaman yang tepat. 

Semua itu menjadikan kopi Bengkulu memiliki rasa yang unik dan tiada duanya. Tak heran jika Kopi Robusta Bengkulu menjadi salah satu oleh-oleh yang wajib kamu bawa sehabis liburan dari Bengkulu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: