AC Mobil Tidak Dingin? Ini 10 Kemungkinannya!

AC Mobil Tidak Dingin? Ini 10 Kemungkinannya!

terkadang AC bisa mengalami masalah, seperti hanya mengeluarkan udara tanpa rasa dingin.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Mobil yang digunakan secara rutin tanpa perawatan berkala kemungkinan besar akan mengalami masalah dengan beberapa komponennya. Salah satu bagian yang kerap mengalami kendala adalah sistem pendinginan udara atau AC. Mengendarai Mobil di bawah terik matahari tanpa AC yang berfungsi dengan baik bisa sangat melelahkan.

BACA JUGA:Berwisata Seraya Berburu Barang Antik di Pasar Triwindu Solo

Oleh karena itu, hampir semua mobil terbaru dilengkapi dengan AC. Namun, terkadang AC bisa mengalami masalah, seperti hanya mengeluarkan udara tanpa rasa dingin. Penting untuk segera mengidentifikasi penyebabnya agar masalahnya bisa diperbaiki dengan tepat.

Berikut 10 kemungkinan kenapa AC mobil tidak dingin, seperti misalnya hanya mengeluarkan udara saja.

1. Kotoran di Filter Kabin, Kondensor, dan Evaporator
Tiga komponen ini, yaitu filter kabin, kondensor, dan evaporator, jika terlalu kotor dapat mengakibatkan AC tidak bekerja dengan baik. Filter kabin perlu secara berkala dibersihkan atau diganti setiap 16.000 km untuk menjaga sirkulasi udara yang baik. Kondensor berfungsi untuk mengeluarkan panas dari kompresor, dan jika kotor, panas tidak dapat dilepaskan dengan efisien. Evaporator yang kotor dapat menghambat distribusi udara dingin ke seluruh kabin.

BACA JUGA:Amalan Anti Miskin dari Gus Iqdam, Amalkan di Jumat Terakhir Bulan Rajab

2. Kehabisan Freon atau Refrigerant
Freon atau refrigerant adalah cairan yang menghasilkan udara dingin dalam AC. Kebocoran pada selang atau sambungan freon dapat menyebabkan habisnya cairan ini. Jika freon habis, perlu mengisinya kembali agar AC dapat berfungsi dengan baik. Jika kebocoran yang menjadi masalah, selang perlu diganti atau sambungan perlu diperbaiki.

3. Kerusakan pada Kompresor AC
Semua AC memiliki kompresor yang berfungsi memompa freon ke seluruh sistem. Kompresor yang rusak dapat mengakibatkan AC hanya mengeluarkan udara tanpa dingin. Tanda-tanda kompresor rusak meliputi bunyi gesekan saat tekanan abnormal terjadi, yang dapat mengakibatkan penyumbatan pada katup ekspansi dan drier receiver.

BACA JUGA:Ini Dia Spesifikasi GWM Haval H9, SUV Bongsor asal Tiongkok

4. Puli Kompresor yang Tidak Berputar
Jika kompresor berfungsi dengan baik, masalah mungkin terletak pada puli yang menggerakkan berbagai komponen, termasuk pompa air, kipas pendingin, power steering, dan alternator. Puli ini digerakkan oleh sabuk karet yang dapat menjadi getas akibat pemakaian. Puli yang tidak berputar dapat menyebabkan AC hanya mengeluarkan udara hangat, dan sabuk yang putus juga dapat memengaruhi suhu mesin mobil.

5. Tekanan Berlebih pada Sistem AC Mobil
Mengisi oli kompresor dengan jumlah yang melebihi batas dapat menyebabkan tekanan berlebih pada sistem AC. Ini dapat menghambat proses kondensasi yang penting untuk mengubah udara panas menjadi dingin. Tekanan berlebih ini dapat membuat AC hanya mengeluarkan udara hangat.

BACA JUGA:Agar Tetap Pakem, Begini Cara Merawat Rem Mobil yang Benar

6. Kerusakan pada Ekstra Fan
Ekstra fan yang tidak berfungsi dengan baik juga dapat menghambat proses kondensasi. Anda dapat memeriksa apakah ekstra fan berputar ketika AC dinyalakan. Jika tidak, itu bisa menjadi penyebab AC hanya mengeluarkan udara hangat.

7. Kerusakan pada Thermistor AC
Thermistor AC mengatur suhu dari kompresor. Kerusakan pada komponen ini dapat menyebabkan evaporator beku dan penyumbatan yang mengganggu kinerja AC.

BACA JUGA:Tips Jitu Membedakan Velg Mobil yang Asli dan Palsu

8. Korsleting pada Sistem Kelistrikan AC
Korsleting pada sistem kelistrikan AC dapat menyebabkan arus pendek dan putusnya sekring AC. Ini dapat mengakibatkan AC hanya mengeluarkan udara hangat dan harus ditangani oleh teknisi profesional.

9. Mesin Mobil Overheat
Jika mesin mobil mengalami overheating, ini juga dapat mengganggu kinerja AC. Overheat bisa menyebabkan kerusakan komponen mesin yang akhirnya memengaruhi sistem pendinginan.

BACA JUGA:Doa Selamat Dunia Akhirat, Agar Hidup Aman dan Tentram

10. Celah Centerpiece yang Terlalu Lebar
Magnetic clutch pada kompresor AC berfungsi menghubungkan putaran mesin melalui puli. Jika magnetic clutch tidak berfungsi dengan baik, bisa terjadi selip dan menyebabkan kompresor overheat. Jika celah centerpiece terlalu lebar, AC hanya akan mengeluarkan udara hangat.

Pemeliharaan rutin dan perbaikan tepat waktu sangat penting untuk menjaga kinerja AC mobil agar selalu mengeluarkan udara dingin dan nyaman selama perjalanan. Nah, akan bahaya sekali ketika kamu mau beli mobil bekas tapi AC-nya bermasalah.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: