Doa Selamat Dunia Akhirat, Agar Hidup Aman dan Tentram

Doa Selamat Dunia Akhirat, Agar Hidup Aman dan Tentram

doa keselamatan dunia dan akhirat adalah suatu permohonan dan permintaan manusia untuk diberikan oleh Allah --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Doa selamat dunia akhirat dengan tulisan arab latin lengkap dan artinya dalam bahasa Indonesia dan Jawa yang paling lazim dilantunkan atau diucapkan oleh umat Islam muslim di Seluruh dunia memohon keselamatan dalam kehidupan di dunia maupun akhirat setelah mati nantinya.

Bagaimana secara istilah, ada yang memberikan definisi bahwa Doa adalah suatu permohonan permintaan dan ucapan kepada Allah Subhana Wa Ta’aala sebagai Tuhan alam semesta ini. Jadi , menurut definisi diatas, Doa keselamatan dunia dan akhirat adalah suatu permohonan dan permintaan manusia untuk diberikan oleh Allah supaya mendapatkan keselamatan dalam kehidupan di dunia dan keselamatan di alam akhirat.

Dalam tulisan teks Doa selamat dunia akhirat ini dilengkapi dengan model singkat pendek dan panjang serta dilengkapi dengan tulisan arab dan latin serta arti terjemahan bahasa Indonesia dan Jawa.

BACA JUGA:Doa Bahasa Jawa dari KH Dalhar Watucongol, Dipercaya Menjadi Penarik Rezeki!

Doa Selamat Dunia Akhirat Arab dan latin versi pendek dan Panjang
Berikut adalah teks doa dunia untuk mendapatkan keselamatan dunia dan akhirat dalam tulisan arab lengkap dengan harakat syakal fathah kasrah tasydid dan lain sebagainya. Untuk yang versi doa pendek adalah sebagai berikut:

رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Latin : Robbanaa aatinaa fiddunyaa hasanah, wa fil aakhiroti hasanah waqinaa ‘adzaabannaar.

BACA JUGA:Saat Bercermin, Amalkan Doa yang Disunnahkan Rasulullah SAW Berikut

Arti bahasa Indonesia : “Yaa Tuhan kami, berilah kepada kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka“.

Arti bahasa Jawa atau boso jowo halus : Duh Gusti Allah, Kawulo Nyuwun Panjenengan paring dumateng kito wonten ing donya gesang kamulyan, soho wonten ing akhirat gesang ingkang mulyo, nyuwun panjenengan tebihaken kito saking Neroko.

untuk doa keselamatan dunia akhirat lengkap panjang adalah sebagai berikut:

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِى سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

رَبَّنَا لاَتُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ اِذْهَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً اِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ

رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

BACA JUGA:Ini Dia Nama Makanan Indonesia Paling Unik Se-Nusantara

Doa selamat dunia akhirat latin:
Allaahumma innaa nas aluka salaamatan fiddiini wa afiatan fil jasadi wa ziyaadatan fil ‘ilmi wabarokatan fir rizki wa taubatan Qoblal maut wa rahmatan ‘indalmaut wa maghfiratan ba’dal mauut.

Allaahummaa hawin ‘alainaa fii sakarootil mauti wan najaata minan naar wal afwa ‘iindal hisaab.
Robbanaa laa tuzigh Quluubana ba’da idz hadaitanaa wa hablanaa mil ladunka rohmatan innaka antal wahhaab.
Robbanaa aatinaa fiddunyaa hasanah, wa fil aakhiroti hasanah waqinaa ‘adzaabannaar.

Terjemahan bahasa Indonesia doa selamat dunia dan akhirat versi panjang
“Ya Tuhanku, sesungguhnya hamba memohon kepada-Mu keselamatan dalam agama, dan kesehatan pada jasad hamba, dan bertambahnya ilmu, dan keberkahan di dalam rizki hamba, dan terimalah taubat hamba sebelum mati, dan rahmatilah hamba dalam kematian dan berikan pengampunan sesudah mati.

BACA JUGA:Budaya di Mauritania, Wanita Cantik Itu Berbadan Gemuk dan Besar!

Ya Tuhanku, mudahkanlah hamba dalam menghadapi kematian, dan selamatkan hamba dari siksa api neraka, dan ampunilah hamba di hari perhitungan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong pada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkaulah Maha Pemberi (karunia). Yaa Tuhan kami, berilah kepada kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka.

Terjemah Doa Selamat Dunia Akhirat Bahasa Jawa
Duh Gusti Allah,kanthi temen temen kawulo nyuwun dumateng panjenengan kesameten wonten ing agami, soho kesehatan badan kawulo, tambah ilmu, barakahipun rejeki, soho tobat sakderengipun pejah lan rahmat rikolo tilar ugi ampunan sak bibaripun pejah.

BACA JUGA:Sungai di Indonesia yang Dikenal Paling Angker dan Telah Menelan Banyak Korban

Duh Gusti Pangeran, panjenengan paring gampil kawulo ing dalem sakaratul maut, ugi panjenengan slametaken kawulo saking siksanipun geni neroko, ugi panjenengan paring pangapunten kawulo wonten saklebeting dinteng pepetangan. Duh Gusti, ampun Panjenengan dadosaken manah kawulo condong dumateng kesesatan sak sampunipun Panjenengan paringi pitedah lan Panjenengan paringi kanugrahan dumateng kito saking Panjenengan, amargi saktemenipun Panjenengan Moho Peparing ingkang paling Agung.

Duh Gusti Allah, Kawulo Nyuwun Panjenengan paring dumateng kito wonten ing donya gesang kamulyan, soho wonten ing akhirat gesang ingkang mulyo, nyuwun panjenengan tebihaken kito saking Neroko.

BACA JUGA:Sekte-sekte Kiamat yang Pernah Ada di Dunia

Itulah tentang doa selamat dunia akhirat dalam tulisan arab latin dan terjemah bahasa Jawa dan Indonesia secara versi pendek panjang lengkap, semoga kita semua dimasukkan dalam orang orang yang diberikan ampunan dunia akhirat dan mendapatkan kebaikan pada kehidupan dunia dan kebaikan di akhirat.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: