Coba Lihat Karaktermu! Begini Cara Menghitung Weton Menurut Neptu

Coba Lihat Karaktermu! Begini Cara Menghitung Weton Menurut Neptu

menghitung weton dapat digunakan untuk mengetahui karakter, sifat, dan watak seseorang.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Cara menghitung weton adalah salah satu budaya dan tradisi jawa yang banyak digunakan untuk berbagai keperluan. Perhitungan weton digunakan untuk meramal berbagai hal, seperti meramal kecocokan jodoh atau pasangan.

BACA JUGA:Pandai Cari Duit! Inilah Keistimewaan Weton Sabtu Pon

Cara menghitung weton juga banyak digunakan untuk menentukan tanggal penyelenggaraan suatu acara. Penghitungan ini digunakan untuk menentukan hari baik untuk menyelenggarakan acara-acara guna menghindari beberapa tanggal yang dianggap membawa peruntungan yang buruk.

Cara menghitung weton sendiri tidak hanya digunakan untuk menghitung kecocokan pasangan dan mencari hari baik saja. Penghitungan weton juga dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan, termasuk meramal karakter ataupun sifat seseorang.

BACA JUGA:Saat Menghadapi Masalah atau Kesulitan, Amalkan 5 Doa Nabi Musa Berikut Ini

Cara menghitung weton tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Untuk menghitung weton dibutuhkan ilmu yang mencukupi dan benar-benar memahami sistem penanggalan jawa terlebih dahulu. Biasanya, penghitungan weton diserahkan kepada orang yang dituakan yang dianggap memiliki ilmu dan pengetahuan yang cukup untuk melakukannya.

Sebelum membahas mengenai cara menghitung weton, ada baiknya kita membahas terlebih dahulu fungsi weton. Sudah sedikut disinggung sebelumnya, penghitungan weton digunakan untuk meramal berbagai macam hal. Berikut ini adalah beberapa fungsi cara menghitung weton dalam budaya Jawa:

BACA JUGA:Demi Foto Terbaik, Fotografer Zaman Dahulu Lakukan Hal yang Diluar Nalar!

1. Menghitung Kecocokan Pasangan
Cara menghitung weton biasanya digunakan untuk mengetahui kecocokan pasangan, khususnya bagi calon pengantin. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakan pasangan calon pengantin tersebut baik (cocok) atau tidak. Caranya adalah dengan menghitung neptu masing-masing pasangan tersebut dan kemudian jumlahkan. Hasil penghitungan ini dapat menentukan kecocokan pasangan tersebut dan juga dapat meramalkan masalah-masalah yang mungkin akan dihadapi oleh mereka.

2. Mengetahui Watak dan Perilaku Seseorang
Selain untuk menentukan jodoh, dalam budaya Jawa, cara menghitung weton juga dapat digunakan untuk membaca atau melihat perilaku dan watak dari orang tersebut. Menentukan watak seseorang melalui perhitungan weton memang dapat dilakukan oleh orang-orang yang mempelajari dan memahami perputaran kalender tradisional.

BACA JUGA: Volkswagen Tiguan Allspace, SUV Keluarga Handal dengan Paket Komplit

3. Meraih Kesuksesan
Salah satu tradisi pada masyarakat Jawa ialah selamatan. Selamatan ini dilakukan untuk berbagai tujuan atau acara, seperti kelahiran, kematian, ulang tahun, dan lain-lain. Selamatan juga sering dilakukan pada hari weton seseorang. Hal ini dilakukan sebagai bentuk doa supaya mereka terus meraih kesuksesan di masa depan. Selamatan juga dilakukan sebagai salah satu bentuk rasa syukur. Selain itu, masyarakat Jawa juga percaya bahwa weton kelahiran menentukan kesuksesan seseorang di masa depan.

4. Menjauhkan Kesialan
Weton juga digunakan sebagai salah satu cara untuk menjauhkan kesialan dalam budaya Jawa. Biasanya, orang-orang akan melakukan puasa pada weton kelahirannya. Hal ini dilakukan untuk memperingati weton dan sebagai bentuk doa agar selalu memperoleh keselamatan.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Hp Samsung Galaxy Harga 3 Jutaan Spek Andal

Cara Menghitung Weton
Setelah mengetahui fungsi weton, saatnya kita membahas tentang cara menghitung weton. Penghitungan weton ini dapat kamu gunakan untuk mengetahui karaktermu, peruntunganmu, dan juga kecocokanmu dengan pasangan.

Cara menghitung weton yang pertama ialah dengan mengetahui hari lahirmu dan juga hari pasaran Jawanya. Hari pasaran Jawa terdiri dari lima hari yakni Legi, Pahing, Pon Wage, dan juga Kliwon. Contohnya adalah Kamis Wage, Minggu Pahing,, dan sebagainya. Kamu bisa mengetahui hari lahir dan hari pasarannya dengan mengeceknya di kalender. Selain itu, saat ini juga sudah tersedia berbagai situs yang dapat kamu gunakan untuk mengetahui wetonmu.

BACA JUGA:Acer Aspire Vero, Laptop Keluaran Terbaru yang Ramah Lingkungan Dengan Desain Eco-Chic

Cara menghitung weton yang kedua ialah dengan mengetahui nilai setiap hari dan pasaran. Setiap hari memiliki nilainya masing-masing, begitu juga dengan hari pasaran. Berikut ini adalah nilai dari setiap hari dan pasaran yang dapat kamu gunakan dalam cara menghitung weton:

Hari            Nilai
Minggu          5
Senin            4
Selasa           3
Rabu             7
Kamis            8
Jumat            6
Sabtu            9

BACA JUGA:Miliki Desain Unik Dengan Performa Tinggi, Ini Kelebihan Honda X-ADV 750

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: