Jangan Anggap Remeh! Inilah Manfaat Kunyit untuk Kulit yang Banyak Tidak Diketahui

Jangan Anggap Remeh! Inilah Manfaat Kunyit untuk Kulit yang Banyak Tidak Diketahui

Kunyit yang bersifat antioksidan dan komponen anti-inflamasi membuat salah satu manfaat kunyit untuk tubuh berupa mencerahkan kulit dan membuatnya lebih berkilau. --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kunyit (Curcuma Longa) memang lebih dikenal sebagai salah satu bumbu dapur. Ternyata, manfaat Kunyit tidak hanya sebagai bumbu masakan, tetapi juga baik untuk kesehatan seperti mencegah kanker dan menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

BACA JUGA:Dulunya Rumah Sultan, Masjid Kuno di Kota Sambas Ini Dibangun Pakai Kayu Belian

Manfaat kunyit untuk kulit tubuh juga banyak karena kunyit bersifat antioksidan, anti-inflamasi, dan antimikroba. Hal ini tidak terlepas karena kunyit mengandung kurkumin sebagai komponen bioaktif. Kurkumin lah yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan.

Seperti yang dilansir dari Healthline, banyak penelitian yang mempelajari manfaat kunyit untuk tubuh. Simak manfaat kunyit bagi kulit di bawah ini!

BACA JUGA:Sedot Anggaran Rp1,7 Triliun, Inilah PLTS Terapung Terbesar se-Asia Tenggara di Jawa Barat!

1. Mencerahkan kulit
Kunyit yang bersifat antioksidan dan komponen anti-inflamasi membuat salah satu manfaat kunyit untuk tubuh berupa mencerahkan kulit dan membuatnya lebih berkilau. Jika ingin membuktikannya,  dapat menggunakan masker kunyit untuk kulit wajah.


Cara membuat masker kunyit juga sederhana. Bisa mencampurkan kunyit yang dihaluskan dengan pisang. Bisa juga kunyit yang dihaluskan dicampurkan dengan yoghurt. Masker kunyit alami ini bisa langsung dioleskan ke wajah. Biarkan masker meresap selama 15 menit dan kemudian bersihkan dengan air.

2. Membantu menghilangkan bekas jerawat
Ternyata, manfaat kunyit untuk tubuh lainnya adalah kemampuan menghilangkan bekas jerawat. Kandungan pada kunyit dapat membantu mengurangi jerawat dan bekas jerawat yang mengganggu penampilan.  Sifat anti-inflamasi dari kunyit dapat merapatkan pori-pori dan menenangkan kulit yang sedang meradang karena jerawat. Kunyit juga dikenal memiliki manfaat mengurangi jaringan parut. Diharapkan, dengan mengambil manfaat dari kunyit secara rutin, wajah lebih mulus dari jerawat.

BACA JUGA:Bukan Pontianak! Daerah di Kalimantan Barat Ini Punya Potensi Tambang Uranium Sebesar 26 ribu Ton

3. Menyembuhkan luka
Kurkumin yang terdapat pada kunyit dapat membantu menyembuhkan luka dengan cara mengurangi peradangan dan oksidasi. Ini juga dapat menurunkan respon tubuh terhadap luka kulit sehingga luka pun akan lebih mudah sembuh.

Sebuah penelitian menemukan bahwa kunyit berdampak baik dengan cara mempengaruhi jaringan dan kolagen. Bahkan, Jurnal Life Sciences merekomendasikan untuk menerapkan kurkumin sebagai salah satu formula yang dioptimalkan untuk membantu menyembuhkan luka di kulit yang merupakan manfaat kunyit.

BACA JUGA:Operasi Pasar Murah, Pemkot Bengkulu Jual 24 Ton Beras Premium dengan Harga Murah

4. Membantu psoriasis
Manfaat kunyit berikutnya adalah dapat membantu penyembuhan psoriasis. Kualitas anti-inflamasi dan antioksidan pada kulit dapat mengendalikan pemicu dan gejala lainnya dari psoriasis. National Psoriasis Foundation juga menyatakan bahwa  dapat menggunakan kunyit sebagai salah satu kandungan suplemen atau langsung menambahkannya ke makanan meski sampai sekarang belum ditemukan dosis yang tepat untuk penggunaan kunyit bagi penderita psoriasis.

BACA JUGA:Peringatan Keras! Terciduk Parkir Sembarangan di Kota Bengkulu Langsung Ditilang

5. Menyingkirkan mata panda
Ternyata, dengan membuat masker kunyit dan mengaplikasikannya ke muka,  dapat mengambil manfaat kunyit untuk menghilangkan kantung mata. Cara membuat maskernya,  dapat mencampurkan kunyit bubuk dengan setengah sendok air perasan lemon. Kemudian, tambahkan sedikit tepung dan satu sendok teh jus tomat. Masker pun siap dan dapat dioleskan merata pada lingkaran hitam di sekitar mata. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air bersih.


6. Mengangkat sel kulit mati
Bahkan, manfaat kunyit berupa mengangkat sel mati bisa diambil dengan cara membuat scrub dari bahan dasar kunyit lho. Mencampurkan 2 sendok teh bubuk cendana, 2 sendok teh bubuk kunyit, ½ cangkir tepung kacang, dan sedikit minyak almond atau mentega. Kemudian, campuran tepung ini ditambahkan dengan sedikit air. Aduk perlahan sampai berbentuk pasta. Oleskan masker ini di sekitar wajah dan leher. Biarkan sampai mengering kemudian bilas dengan air bersih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: