Sedot Anggaran Rp1,7 Triliun, Inilah PLTS Terapung Terbesar se-Asia Tenggara di Jawa Barat!

Sedot Anggaran Rp1,7 Triliun, Inilah PLTS Terapung Terbesar se-Asia Tenggara di Jawa Barat!

PLTS Terapung Cirata dibangun di atas Waduk Cirata yang mampu memenuhi kebutuhan 50 ribu rumah tangga--

BENGKULUEKSPRESS.COM - PLTS Terapung Cirata ternyata memiliki fakta-fakta yang sangat menarik untuk diketahui. PLTS Terapung yang ada di Waduk Cirata, Purwakarta, Jawa Barat ini bahkan menjadi kebanggaan Asia Tenggara dan Dunia.

BACA JUGA:Bukan Pontianak! Daerah di Kalimantan Barat Ini Punya Potensi Tambang Uranium Sebesar 26 ribu Ton

Pasalnya, kehadirannya pembangkit listrik tenaga surya yang dibangun sejak 2021 lalu ini menjadi yang terbesar se-ASEAN. Kehadirannya juga berfungsi untuk mewujudkan penurunan emisi dan percepatan transisi energi di tahun 2060 untuk menjadi Net Zero Emissions.


Tidak hanya itu, dengan kapasitasnya yang tinggi, proyek ini nantinya juga dapat membantu masyarakat dalam memperoleh pasokan listrik ramah lingkungan. Adapun proyek besar ini dibangun oleh PLN Nusantara Power yang berkolaborasi dengan perusahaan asal Uni Emirat Arab (UEA) yakni Masdar.

BACA JUGA:Lamborghini Revuelto Terjual Habis hingga Akhir 2026

PLTS Terapung Cirata dibangun di atas Waduk Cirata yang merupakan hasil kolaborasi global antara dua perusahaan tersebut. Pembangunan mega proyek di Jawa Barat ini memakan biaya hingga sekitar Rp1,7 triliun.

BACA JUGA:Supercar Sangat Langka! Aston Martin Valkyrie Coupe dan Spider

Lantas, seperti apa fakta-fakta menariknya? Cek selengkapnya di bawah ini:

1. Diresmikan Langsung oleh Presiden Jokowi
Kehadiran pembangkit listrik tenaga surya ini diresmikan secara langsung oleh presiden RI yakni Joko Widodo (Jokowi). Adapun peresmian tersebut dilakukan pada tanggal 9 November 2023 lalu di Purwakarta.

BACA JUGA:Motor Honda Rebel 1100T Semakin Gagah, Motor Cruiser Cocok untuk Turing

2. Terbesar di Asia Tenggara dan Terbesar Ke-3 di Dunia
PLTS Cirata menjadi pembangkit listrik terbesar ke-1 di Asia Tenggara. Tidak hanya itu, mega proyek besutan PLN ini juga berhasil menjadi yang terbesar ke-3 di dunia. Tepatnya terdiri dari 13 pulau dengan setiap pulaunya mencapai 10 hektare.

BACA JUGA:Siap Tantang Porsche Macan! Maserati Grecale Akhirnya Debut

3. Melibatkan 1.400 Pekerja Lokal
Pembangunan proyek besar ini juga melibatkan sekitar 1.400 pekerja lokal tanah air. Termasuk diantaranya UMKM sehingga mampu membuka lebih banyak lapangan pekerjaan di Indonesia.

BACA JUGA: Bugatti Mistral Seharga Rp145 Miliar Akan Menjadi Supercar Langka

4. Aliri Listrik Bagi 50 Ribu Rumah Tangga
PLTS Terapung Cirata mampu menghasilkan kapasitas energi mencapai 192 MWp. Proyek ini sendiri melibatkan sekitar lebih dari 340 ribu panel surya yang ditempatkan di atas waduk secara langsung. Kehadirannya juga mampu memberikan aliran listrik hijau ke 50 ribu rumah tangga.

5. Masih Bisa Diperbesar
Tahukah bahwa pembangunan PLTS Terapung Cirata ini hanya memanfaatkan sekitar 4 persen saja dari total luas permukaan Waduk Cirata. Tidak heran jika proyek tersebut masih bisa ditambah atau diperbesar kembali.

BACA JUGA:Klaim DANA Kaget Hari ini 25 Januari 2024! Cuma Daftarkan No HP Ambil Rezeki Saldo DANA Rp150.000 Gratis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: