Menyeruput Segelas Kopi Rarobang Khas Ambon yang Memiliki Banyak Khasiat

Menyeruput Segelas Kopi Rarobang Khas Ambon yang Memiliki Banyak Khasiat

Kopi Rarobang khas Ambon yang terkenal hingga mancanegara-Akun Insatagram @santhiserad_food-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Tahukah kamu, negara Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia setelah negara Brazil dan Vietnam. 

Berdasarkan data dari Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), produksi kopi global mencapai 170 juta kantong per 60 kg kopi pada periode 2022/2023. 

Hampir di seluruh wilayah Indonesia merupakan wilayah penghasil kopi dengan kualitas terbaik. Selain dikenal dengan penghasil kopi terbesar Indonesia juga merupakan salah satu negara peracik kopi terbaik 

Salah satu wilayah peracik terbaiknya adalah Kota Ambon, wilayah ini merupakan salah satu wilayah yang bukan penghasil kopi karena tidak tersedianya lahan yang cocok untuk menanam tumbuhan kopi. 

BACA JUGA:Bernostalgia di Zaman Kolonial Belanda dengan Mencicipi Es Krim Legendaris di Kedai Es Krim Italia Ragusa

Kendati demikian, Ambon memiliki racikan Kopi yang sudah terkenal di mana-mana yakni Kopi Rarobang. Kopi Rarobang adalah minuman khas dari Ambon yang sudah dikenal di seluruh Indonesia bahkan para penikmat kopi mancanegara. 

Kopi Rarobang pada dasarnya merupakan kopi Arabika yang memang banyak tumbuh di wilayah Indonesia. Namun, minuman ini merupakan hasil modifikasi penduduk setempat yang mencampurkan rempah-rempah khas Ambon ke dalam penyajiannya. 

Minuman Kopi yang satu ini memang sudah dikenal memiliki manfaat menenangkan dan punya kenikmatan tersendiri dibandingkan minuman kopi lainnya, Konon melalui Kopi Rarobang para pendahulu masyarakat Ambon ingin manfaat lebih dari sekedar kopi nikmat yang menenangkan.

BACA JUGA:Mencicipi Kue Bay Tat Kue Tradisional Khas Bengkulu Selatan

Mereka ingin minuman ini juga memberi manfaat kesehatan bagi yang menikmatinya dan hal ini didapat dari rempah-rempah yang sejak dulu menjadi hasil utama di wilayah Maluku.

Untuk membuatnya Kopi Rarobang tidaklah sulit, bahan-bahan utama seperti kopi Arabica, jahe, cengkih, kayumanis, gula pasir, sereh, dan kacang kenari disiapkan. 

Kemudian, semua bahan kecuali kacang kenari dijadikan satu dalam rebusan air panas dan dimasak hingga mendidih. Setelah matang, air hasil rebusan tersebut disaring hingga mendapatkan campuran kopi yang berbeda dari biasanya. 

Tahapan terakhir dalam pembuatan Kopi Rarobang, irisan kacang kenari ditaburkan di atas kopi yang sudah tersaji di dalam cangkir. Bila menyukai kopi susu, sedikit susu kental juga dapat dituangkan dan dicampur ke dalam sajian Kopi Rarobang untuk segera dinikmati, membayangkannya saja membuat penasaran ingin mencoba minuman yang satu ini.

BACA JUGA:Mengenal Kue Lepek Binti Warisan Budaya Bengkulu, Paduan Ketan dan Gula Merah yang Menggugah Selera

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: