Mencicipi Kue Bay Tat Kue Tradisional Khas Bengkulu Selatan

Mencicipi Kue Bay Tat Kue Tradisional Khas Bengkulu Selatan

Kue Bay Tat khas Bengkulu Tengah -Akun Insatagram @anasahotels-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Jika kamu berkunjung ke Provinsi Bengkulu khususnya Kabupaten Bengkulu Selatan, kamu wajib mencoba kue khas tradisonalnya.

Selain Perut Punai, Bengkulu selatan terkenal dengan kue Bay Tatnya yang sangat fenomenal. 

Masyarakat Bengkulu mana yang tidak tahu dengan kue yang satu ini, kue ini memiliki cita rasa yang manis dan sedikit rasa asam dari selai nanas yang menjadi komonen utama dari makanan yang satu ini. Bay Tat memiliki tekstur yang lembut dan sedikit renyah di bagian luar. 

Dahulu kue Bay Tat dihidangkan untuk raja-raja yang ada di Bengkulu. Hingga kini kue Bay Tat selalu disajikan dalam acara-acara adat, seperti perkawinan, lebaran, dan berbagai kegiatan penting lainnya

Kue Bay Tat merupakan kue khas tradisonal masyarakat Bengkulu Selatan. Bay Tat memiliki tampilan yang berbentuk bulat dibuat karena diambil dari bentuk bunga yang indah dan diukir sedemikian rupa tergantung dengan kreativitas orang yang membuatnya. 

BACA JUGA:Mengenal Gulai Kemba'ang, Makanan Tradisional Khas Bengkulu

Bay Tat sendiri berasal dari kata ‘Bay’ yang berarti induk sementara ‘Tat’ berarti kue. Bay Tat terbuat dari tepung terigu, gula pasir, santan murni, soda, vanili, mentega dan selai nanas yang telah di olah secara tradisional. 

Selain tepung terigu, bahan lain yang digunakan adalah nanas, mentega, gula pasir, dan telur. Tepung terigu tersebut dijadikan adonan, sedangkan santan dan gula dijadikan selai. Alasan menggunakan selai nanas karena dulu buah nanas di Bengkulu Selatan sangat melimpah dan enak.

Setelah menjadi adonan, kemudian barulah dioleskan selai nanas diatasnya. Selanjutnya adonan tersebut dimasukkan ke dalam loyang. Masyarakat setempat masih menggunakan oven sederhana atau alat pemanggang yang dibuat dari bahan sederhana. Mereka biasanya memanfaatkan kaleng bekas yang dibelah menjadi dua.

BACA JUGA:Mencoba Ampo, Kuliner Esktrem Khas Jawa Timur yang Terbuat dari Tanah Liat

Kaleng tersebut diletakkan di atas tungku dengan api. Adapun bahan bakar yang digunakan biasanya adalah sabut kelapa. Pemanggang sederhana ini tentu saja menambah aroma khas pada kue tart.

Jika, kamu ingin mencoba cita rasa kue Bay Tat kamu bisa dengan mudah menemukan kue ini di berbagai toko oleh-oleh atau di pasar tradisonal. Kue khas Bengkulu ini juga dijual dengan harga yang cukup terjangkau yakni kisaran Rp20.000 hingga Rp25.000-an.

Bagaimana menurutmu, kue yang satu ini bisa jadi salah satu panganan pilihan yang wajib kamu coba jika berkunjung ke Bengkulu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: