Menggunakan Kulit Buah Pisang, Tips Berikut Bantu Kecilkan Pori-pori Wajah dan Atasi Jerawat

Menggunakan Kulit Buah Pisang, Tips Berikut Bantu Kecilkan Pori-pori Wajah dan Atasi Jerawat

Tips mengecilkan pori-pori wajah dengan kulit pisan-(foto: istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Menjaga kebersihan pori-pori menjadi sangat penting jika ingin memiliki kulit wajah yang bersih dan sehat. Pori-pori merupakan lubang-lubang kecil pada permukaan kulit yang berfungsi sebagai saluran pengeluaran minyak dan keringat. 

Meskipun berperan penting dalam proses menjaga keseimbangan suhu dan kelembapan kulit, pori-pori bisa menjadi biang masalah ketika ukuran rongganya membesar dari biasanya.

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan pori-pori membesar. Aktivitas keseharian yang tinggi disertai cuaca panas dapat membuka pori-pori kulit dan memicu kelenjar minyak dalam kulit menghasilkan lebih banyak sebum. 

BACA JUGA:Racik Masker dari Bahan Pemanis Ini, Menjaga Kelembapan Kulit Tangan

Makanya tak jarang mereka yang berada di lingkungan dengan suhu tinggi memiliki kulit wajah yang greasy.

Lalu, mengapa pembesaran rongga pori-pori dapat menjadi biang masalah kulit? Ukuran pori-pori yang membesar akan memudahkan partikel kotoran kecil menumpuk dan menyumbat kulit. 

Kondisi ini kemudian menciptakan lingkungan ideal bagi bakteri dan kuman di kulit berkembang biak secara cepat. Proses ini menghasilkan peradangan di kulit dan, pada akhirnya, mengakibatkan pembengkakan jerawat.

Permasalahan itu bisa kamu atasi dengan bahan-bahan alami. Salah satunya seperti menggunakan kulit pisang bersama kunyit dan aloe vera.

BACA JUGA:Pudarkan Flek Hitam Agar Wajah Kembali Cerah, Pakai Masker dari Buah Ini

Kulit pisang memiliki efek eksfoliasi alami berkat kandungan enzimnya, sehingga dapat membantu mengangkat kotoran dari pori-pori kulit. Efeknya tidak hanya membersihkan pori-pori, tetapi juga meratakan tekstur dan warna kulit, sehingga membuatnya terlihat lebih halus. 

Selain itu, kulit pisang juga kaya akan vitamin A yang dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebih di kulit, serta vitamin C yang bisa membantu mempercepat proses regenerasi kulit.

Bubuk kunyit, yang sering digunakan sebagai bumbu masakan, mengandung senyawa aktif yang disebut kurkumin. Komponen ini memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang membantu mengurangi peradangan pada kulit, membantu kontrol produksi minyak berlebih, dan mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. 

BACA JUGA:Wajah Kering di Suhu Dingin? Atasi dengan Masker Berbahan Alami Berikut

Hal ini membuat kunyit dapat membantu membersihkan pori-pori dari ancaman jerawat, sehingga akan memberikan kulit tampilan yang lebih sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: