Danau Batur Kintamani yang Terkenal dengan Cerita Rakyat, Begini Asal-usulnya

Danau Batur Kintamani yang Terkenal dengan Cerita Rakyat, Begini Asal-usulnya

Keindahan Danau Batur Kintamani yang ada di Kabupaten Bangli, Bali-Akun Instagram @sscibali-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Destinasi-destinasi wisata yang ada di Bali selalu menawarkan pesona alam yang menakjubkan.

Nah, tahukah kamu di Bali terdapat destinasi wisata yang melegenda karena kisah cerita rakyatnya. Ya apalagi kalau bukan Danau Batur Kintamani.

Danau Batur Kintamani memang terkenal dengan cerita rakyatnya yang berjudul “Kebo Iwa”. Kisah “Kebo Iwa” yang dikenal juga sebagai cerita rakyat danau batur berasal dari Bali. Cerita Kebo iwa mengisahkan mengenai asal usul Danau Batur Kintamani yang berlokasi sekitar 30 km di timur laut Ubud di Bali.

Danau Batur adalah salah satu pilihan destinasi wisata terbaik yang ada di Bali. Danau Batur Kintamani terletak di Kintamani, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali.

BACA JUGA:Berkunjung ke Curug Cikanteh, Destinasi Wisata Populer di Sukabumi, Jawa Barat

Asal Usul Danau Batur

Danau Batur Kintamani merupakan danau kaldera aktif yang berada pada ketinggian 1.050 meter diatas permukaan laut. Kaldera sendiri adalah fitur vulkanik yang terbentuk dari jatuhnya tanah setelah letusan vulkanik yang artinya asal usul Danau Batur Bali diakibatkan oleh aktivitas vulkanis.

Danau Batur terbentuk akibat dari letusan dari Gunung Batur. Letusan yang melahirkan Danau Batur sendiri terjadi ratusan atau bahkan ribuan tahun silam.


Keindahan Danau Batur Kintamani yang ada di Kabupaten Bangli, Bali-Akun Instagram @pakkaro-

Sebagai danau terbesar di Bali, Danau Batur Kintamani juga memiliki keunikan yakni warna airnya yang bisa berubah-ubah karena terdapat kaldera aktif yang berada di dasar danau ini.

Danau Batur Bali memiliki luas permukaan air seluar 16,05 km2 dan kedalaman rata-rata 50,8 meter serta dikelilingi bentang alam yang sangat menawan sejauh mata memandang. Danau Batur Bali dikenal sebagai danau terbesar yang ada di Pulau Bali.

BACA JUGA:Mengenal Sejarah dan Daya Tarik Monumen Pers Nasional di Kota Solo

Kisah Melegenda Danau Batur

Lokasinya yang cukup tinggi ini membuat Danau Batur Kintamani dikelilingi atmosfer sejuk dan menyegarkan. Di balik keindahannya terdapat pula legenda atau cerita rakyat yang menceritakan versi lain dari terbentuknya Danau Batur Bali.

Pada cerita rakyat Danau Batur berasal dari sebuah lubang buatan manusia bernama ‘Kebo Iwa’. Konon, dahulu kala hiduplah sepasang suami istri yang tak kunjung dikaruniai anak.

Setelah berdoa setiap hari, akhirnya mereka dikaruniai seorang anak laki-laki. Sayangnya sang istri meninggal saat melahirkan Kebo Iwa dan sang suami tak lama juga menyusulnya. Anak laki-laki ini tumbuh sangat cepat dengan nafsu makan setara dengan 10 orang dewasa sehingga ia dinamakan Kebo Iwa.


Keindahan Danau Batur Kintamani yang ada di Kabupaten Bangli, Bali-Akun Instagram @jihad_16-

Warga desa bergantian harus memberi makan Kebo Iwa dan lama kelamaan warga menjadi kewalahan, terutama menghadapi sifat Kebo Iwa yang juga pemarah. Namun, dibalik itu semua Kebo Iwa kerap membantu warga ketika warga membutuhkannya.

Suatu hari warga berencana membuat sebuah penampungan air untuk mengatasi masalah kekeringan di desa tersebut dan menyampaikan ide tersebut kepada Kebo Iwa. Kebo Iwa kemudian bekerja keras menggali dan mendongkel batu-batuan hingga membentuk kolam cukup dalam dan akhirnya mengeluarkan air tanah.

BACA JUGA:Berkunjung ke Museum Keris Nusantara di Kota Solo Jawa Tengah

Warga sangat gembira dan memberikan Kebo Iwa makan. Kebo Iwa menikmati santapannya dan kemudian ia tertidur di kolam baru saja ia gali karena kelelahan. Tak terasa ternyata air tanah yang mengucur semakin kencang hingga mengisi kolam hingga penuh dan membanjiri desa tersebut lalu terbentukan sebuah danau yang dinamakan Danau Batur.

Sedangkan gundukan tanah dan batu hasil galian Kebo Iwa menjadi gunung yang dikenal sebagai Gunung Batur. Cerita rakyat inil menjadi legenda mengenai asal usul Gunung Batur Bali yang hidup ditengah masyarakat dari masa lalu hingga kini.

BACA JUGA:Mengenal Sejarah dan Daya Tarik Monumen Pers Nasional di Kota Solo

Daya Tarik Danau Batur Kintamani 

Jika sudah mengetahui asal usul danau batur selanjutnya kita akan mengeksplore, apa saja daya tarik yang dimiliki destinasi wisata yang satu ini. Penasarankan? Yuk simak artikel berikut sampai habis.

Tahukah kamu Danau Batur Kintamani ini  dikenal sebagai salah satu spot terbaik untuk berburu pemandangan matahari terbit dan matahari terbenam yang indah di Bali. Tak kalah dengan destinasi wisata pantai-pantai bali yang selalu mencuri perhatian karena pemandangan sunsetnya yang menakjubkan, Danau Batur Kintamani ini juga menawarkan hal yang sama.

Tak hanya itu, Selain pemandangan alamnya yang masih asri dan atmosfer sejuk yang menyegarkan, objek wisata Danau Batur Bali telah dikembangakan menjadi kawasan wisata dengan berbagai fasilitas dan variasi aktivitas seru yang bisa kamu lakukan dan nikmati.

BACA JUGA:Menilik Wisata Budaya yang Ada di Kesultanan Keraton Yogyakarta

Ada berbagai fasilitas yang bisa memanjakan para wisatawan, seperti cafe dan restoran yang bisa kamu kunjungi di sekitar Danau Batur Kintamani untuk nikmati pemandangannya sembari bersantai menikmati kopi atau makanan favorit. Selain itu, kamu juga bisa menyewa perahu untuk menjelajahi keindahan Danau Batur Bali ini melalui sudut pandang berbeda, yakni langsung dari permukaan air danau.

Kebanyakan wisatawan yang berkunjung ke danau Batak Kintamani akan menginap di beberapa penginapan yang ada di sana terdapat villa, resort, dan hotel yang bisa kamu pilih. 

Untuk masuk ke kawasan wisata Danau Batur Bali, kamu hanya akan dikenakan biaya sekitar Rp 15.000 per orang. Namun, biaya tersebut belum termasuk biaya parkir kendaraan bermotor serta jika kamu hendak menikmati berbagai aktivitas wisata yang tersedia di Danau Batur Bali.

Danau Batur Kintamani bisa kamu jadikan pilihan wisata liburan saat berkunjung ke Bali, danau ini akan memberikan pengalaman yang mengesankan setelah mengunjunginya. Akan lebih menyenangkan jika kamu mengajak keluarga dan teman-teman.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: