Menilik Wisata Budaya yang Ada di Kesultanan Keraton Yogyakarta

Menilik Wisata Budaya yang Ada di Kesultanan Keraton Yogyakarta

Wisata Budaya Yang Ada di Kesultanan Keraton Yogyakarta-Akun Insatagram @ahmad_rasyid27-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Dikenal dengan julukan Kota Pelajar, Yogyakarta merupakan salah satu provinsi yang terkenal dengan wisata budayanya yang menarik. Wisata budaya sendiri merupakan suatu kegiatan wisata yang lebih mengarah kepada seni dan budaya di beberapa daerah. 

Saat kamu berada atau sedang berkunjung ke Yogyakarta kamu dapat menemukan berbagai destinasi wisata yang menawarkan wisata budaya yang menarik dan tentunya akan membuat liburan kamu menjadi lebih berkesan.


Wisata Budaya Yang Ada di Kesultanan Keraton Yogyakarta-Akun Insatagram @ide_destinasiwisatamu- 

Salah satu destinasi wisata yang paling direkomendasikan saat berkunjung ke Yogyakarta adalah Keraton Yogyakarta. Destinasi wisata yang satu ini merupakan salah satu ikon yang ada di Provinsi Yogyakarta. 

Keraton Yogyakarta ini juga dikenal dengan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Keraton ini adalah istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang kini berlokasi di tengah Kota Yogyakarta terpatnya terletak di Jl. Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

BACA JUGA:Berkunjung Ke Pantai Batu Bengkung, Salah Satu Kawasan Cagar Alam yang Dilindungi di Kota Malang

Keraton ini didirikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwana I pada tahun 1755 sebagai Istana Yogyakarta yang baru berdiri akibat perpecahan Mataram Islam dengan adanya Perjanjian Giyanti. Keraton ini adalah pecahan dari Keraton Surakarta Hadiningrat dari Mataram Islam Surakarta 

Keraton Yogyakarta tidak hanya menjadi tempat tinggal raja, namun juga menjadi penjaga nyala kebudayaan Jawa. Di tempat ini kamu dapat belajar dan melihat secara langsung bagaimana budaya tetap dilestarikan di tengah laju perkembangan dunia.


Wisata Budaya Yang Ada di Kesultanan Keraton Yogyakarta-Akun Insatagram @naratography-

Meski sudah berusia ratusan tahun dan sempat rusak akibat gempa besar pada tahun 1867, bangunan Keraton Yogyakarta tetap berdiri dengan kokoh dan terawat dengan baik. Mengunjungi Keraton Yogyakarta akan memberikan pengalaman yang berharga sekaligus mengesankan.

BACA JUGA:Menikmati Keindahan Kebun Teh Bedakah Wonosobo dengan Latar Pengunungan yang Indah

Keraton Yogyakarta kini menjadi pusat dari garis imajiner yang menghubungkan Pantai Parangtritis dan Gunung Merapi. Ada berbagai hal menarik yang bisa dijelajahi saat berada di Keraton Yogyakarta, mulai dari aktivitas abdi dalem yang sedang melakukan tugasnya atau melihat koleksi barang-barang Keraton. 

Kamu dapat melihat beberapa koleksi yang disimpan dalam kotak kaca yang tersebar di berbagai ruangan tersebut mulai dari keramik dan barang pecah belah, senjata, foto, miniatur dan replika, hingga aneka jenis batik beserta proses pembuatannya. 


Wisata Budaya Yang Ada di Kesultanan Keraton Yogyakarta-Akun Insatagram @ide_destinasiwisatamu-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: