Berkunjung ke Museum Keris Nusantara di Kota Solo Jawa Tengah

Berkunjung ke Museum Keris Nusantara di Kota Solo Jawa Tengah

Berkunjung ke Museum Keris Nusantara di Kota Solo Jawa Tengah -Akun Insatagram @museumkerisnusantara-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Solo memiliki ikon-ikon monumen yang menjadi ciri khas Kota yang sering dijuluki Kota Budaya ini.

Tugu Keris merupakan salah satu ikon yang dimiliki Solo, bicara mengenai keris ternyata Solo juga memiliki Museum Keris Nusantara yang menawarkan wisata sejarah yang menarik untuk dijelajahi.

Museum ini menawarkan destinasi wisata sejarah berupa keris yang menjadi ciri khas utamanya. Keris sendiri merupakan salah satu senjata tradisional khas Indonesia yang menjadi identitas kebudayaan negara. 


Berkunjung ke Museum Keris Nusantara di Kota Solo Jawa Tengah -Akun Insatagram @museumkerisnusantara-

Museum Keris Nusantara berada di Jalan Bhayangkara No. 2, Sriwedari, Laweyan, Kota Solo, Jawa Tengah. Museum ini resmi dibuka untuk umum sejak 9 Agustus 2017 oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Selain sebagai sarana pendidikan, Museum Keris Nusantara bertujuan untuk melestarikan peninggalan benda pusaka bersejarah serta mengenalkan jenis-jenis keris pada generasi muda supaya tidak hilang ditelan zaman. 

BACA JUGA: Pantai Suluban, Surga Tersembunyi di Ujung Tangga Bali

Museum Keris Nusantara memiliki 4 lantai dengan dekorasi ukiran kayu berwarna emas khas budaya jawa di setiap sudut bangunannya. Lantai 1 atau Wedharing Wacana terdiri dari pintu utama, loket, ruang informasi, kantor, dan ruang audio. 

Lantai 2 disebut Purwaning Wacana memiliki ruang pamer, ruang bermain anak, ruang restorasi keris, dan perpustakaan. Lantai 3 atau Cipta Adiluhung terdapat ruang diorama dan rest area. Sedangkan di lantai 4 yaitu ruang kreativitas dan penyimpanan.


Berkunjung ke Museum Keris Nusantara di Kota Solo Jawa Tengah -Akun Insatagram @museumkerisnusantara-

Kamu bisa melihat berbagai jenis keris yang unik, museum ini memiliki sekitar 409 koleksi keris Nusantara dari bermacam-macam ukuran dan jenis. Tak hanya contoh keris saja, terdapat juga video visual yang mempertontonkan perkembangan keris dari masa ke masa. 

BACA JUGA:Menikmati Keindahan Desa Waerebo yang Dikelilingi Pengunungan Indah di Nusa Tenggara Timur

Selain itu, ada pula 38 tombak dan benda-benda pusaka bersejarah lainnya di museum ini. Namun demikian, pengunjung hanya bisa menyaksikan 233 keris dan tombak sebagai pajangan.

Museum Keris Nusantara buka setiap hari Selasa sampai Minggu dari pukul 09.00-12.00 WIB dan dilanjut pada pukul 13.00-14.00 WIB. Biaya masuk museum ini juga terjangkau yaitu Rp 6.000 per pengunjung. Museum ini bisa kamujadikan referensi untuk mengisi liburanmu bersama teman-dan keluarga. Jadi, jika kamu berkunjung ke Kota Solo jangan lewatkan destinasi wisata yang satu ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: