Menilik Makna Filosofis Kemerdekaan Indonesia di Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat

Menilik Makna Filosofis Kemerdekaan Indonesia di Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat

Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat -Akun Instagram @perjuanganmonumen-

Lima rumpun pilar bagian yang melambangkan Pancasila dan pilar utamanya memiliki tinggi 17 meter. Kemudian di bagian kiri dan kanan monumen ini kamu bisa menemukan relief yang menceritakan peristiwa-peristiwa penting di Jawa Barat dari masa kerajaan sampai pasca kemerdekaan seperti Konferensi Asia Afrika hingga penerbangan pesawat N250 di Bandung.

Keunikan ikon Kota Bandung yang satu ini memiliki sebuah museum yang terletak di bagian bawah monumen. Pintu masuk menuju museum ini bisa kamu temukan bagian ujung relief sebelah barat. 

Berbagai koleksi-koleksi dipamerkan museum ini berbagai informasi peristiwa-peristiwa bersejarah yang pernah terjadi di Jawa Barat seperti Bandung Lautan Api, Peristiwa Bojongkokosan, Long March Siliwangi, Operasi Pagar Betis dan lain-lain yang disertai dengan foto-foto peristiwa tersebut.

BACA JUGA:Menikmati Keindahan Air Terjun Temburun di Anambas Kepulauan Riau

Selain itu, kamu juga bisa menemukan berbagai koleksi bersejarah yang sebagian besarnya merupakan benda asli dan pernah digunakan di masa lalu. Koleksi bersejarah ini termasuk diantaranya baju-baju yang digunakan, golok, senapan, helm baja, dan lain-lain.

Selain itu, di museum ini juga terdapat tujuh diorama yang masing-masing menceritakan kisah perjuangan rakyat Jawa Barat. Museum ini juga mempunyai informasi berisi linimasa sejarah Jawa Barat secara keseluruhan dan sejarah masing-masing kota serta kabupaten.

BACA JUGA:Labuan Cermin, Menikmati Keindahan Danau Dua Rasa di Kalimantan Timur

Kalau sudah puas berkeliling museum, kamu juga dapat berjalan-jalan ke Gasibu atau berkunjung ke museum-museum lain yang berada di dekat monumen ini seperti Museum Gedung Sate atau Museum Geologi. 

Selain menjadi tempat yang memamerkan koleksi dan informasi menarik terkait perjuangan yang dilakukan oleh masyarakat Jawa Barat di masa lalu, museum ini juga mempunyai beberapa fasilitas lain yang bisa kamu akses.

Salah satunya memiliki ruang auditorium yang menayangkan film dan dokumenter mengenai beberapa peristiwa sejarah serta tokoh perjuangan di Jawa Barat.  

Selain itu kamu juga bisa menemukan sebuah perpustakaan yang mengoleksi 6.000 buku dengan lebih dari 600 judul berbeda yang kebanyakan merupakan buku-buku sejarah.

BACA JUGA:Air Terjun Banyumala, Pesona Indahnya Air Terjun Kembar di Buleleng Bali

Bukan hanya buku, perpustakaan ini juga menyimpan salinan naskah-naskah kuno Jawa Barat. Jangan lupa untuk mengabadikan moment liburanmu saat berkunjung ke Monumen Perjuangan Rakyat Jawa barat, karena ada banyak spot-spot foto menarik yang instagramable. 

Demikian informasi tentang Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat. Tempat yang satu bisa jadi salah satu tempat yang kamu kunjungi baik itu sendiri atau bersama keluarga untuk mengenang perjuangan para pahlawan.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: