Labuan Cermin, Menikmati Keindahan Danau Dua Rasa di Kalimantan Timur

Labuan Cermin, Menikmati Keindahan Danau Dua Rasa di Kalimantan Timur

Labuan Cermin, Menikmati Keindahan Danau Dua Rasa di Kalimantan Timur -Akun Instagram @eskplorekalimantantimur-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kalimantan merupakan salah satu pulau yang memiliki kekayaan alam dengan potensi wisata yang menakjubkan. Provinsi Kalimantan Timur misalnya, Provinsi ini menawarkan destinasi wisata yang indah namanya Labuan Cermin.

Labuan cermin merupakan danau yang memiliki keindahan yang membuat  siapa saja yang mengunjunginya terkagum-kagum. Danau Labuan Cermin terletak di Desa Labuan Kelambu di Kecamatan Biduk-biduk Kalimantan Timur yang bisa ditempuh dengan perjalanan darat sekitar 6 sampai 7 jam dari ibukota Kabupaten Berau, Tanjung Redeb, Kalimantan Timur.

Meski perjalanan cukup jauh, rasa lelah akan segera terobati begitu melihat keindahan alam yang ada di Labuan Cermin. Untuk mencapai Danau Labuan Cermin, pengunjung harus menyewa kapal dari dermaga dengan harga sewa kapal Rp 200.000 untuk perjalanan pulang-pergi, dan akan lebih murah jika datang bersama rombongan.

BACA JUGA: Pantai Suluban, Surga Tersembunyi di Ujung Tangga Bali

Ketika masuk ke destinasi wisata yang satu ini pengunjung akan dibuat terpana dengan keindahan danau ini. Danau Labuan Cermin memiliki air yang sangat jernih, bahkan dasar danau yang berupa pasir laut inipun bisa terlihat dengan jelas.

Nama Labuan Cermin sendiri dikarenakan danau indah ini memiliki lapisan yang membuat cahaya matahari memantul. Hal tersebut terjadi karena Danau Labuan Cermin memiliki rasa asin yang akan terasa bila kita mengecap air dari permukaan danau, sementara air di dasar danau akan terasa tawar.


Labuan Cermin, Menikmati Keindahan Danau Dua Rasa di Kalimantan Timur -Akun Instagram @Chesadhanisa-

Dua jenis air inilah yang membuat danau memiliki sebuah lapisan pemisah sehingga air dapat memantul. Tak jarang juga orang menyebut danau Labuan Cermin ini dengan panggilan ‘Danau Dua Rasa’. Meski terlihat dangkal, harus tetap waspada karena kedalaman danau ini sebenarnya mencapai 4 hingga 5 meter.

Pemandangan di sekitar Danau Labuan Cermin sangat menenangkan. Dikelilingi pepohonan rimbun yang membuat suasana sangat teduh, sehingga sangat tepat dijadikan tujuan wisata untuk sejenak melarikan diri dari keramaian yang kerap ditemui setiap hari.

 

Konon bupati setempat memang mengembangkan Labuan Cermin sebagai destinasi wisata diawali dengan menetapkan kawasan ini sebagai kawasan konservasi atau kawasan lindung, setelah itu akan dilengkapi sarana penunjang yang akan memudahkan pengunjung menikmati keindahan danau sejuk yang memiliki dua rasa ini.

BACA JUGA:Menikmati Keeksotisan dan Melakukan Berbagai Aktivitas Menyenangkan di Pantai Papuma

Saat berada di Labuan Cermin, pengunjung dapat melakukan aktivitas berenang, snorkeling dan juga menyelam. Saat menyelam menggunakan kacamata snorkeling, akan terlihat beberapa ikan yang berenang tidak jauh dari permukaan dan ada pula yang jauh di dasarnya.

Danau ini berbeda dengan danau pada umumnya karena memiliki rasa air yang berbeda, hal ini menyebabkan ikan-ikan terpisah. sehingga dapat mempermudah membedakan mana jenis ikan air tawar dan yang mana ikan air laut.


Labuan Cermin, Menikmati Keindahan Danau Dua Rasa di Kalimantan Timur -Akun Instagram @anil_t_prabhakar-

Nah, Sebelum menuju ke Labuan Cermin, jangan lupa persiapkan alat snorkeling sendiri atau bagi yang lupa membawanya tidak usah khawatir. Di dermaga tempat penyebrangan terdapat toko penyewaan alat snorkeling beserta pelampungnya.

Bagi yang ingin sekedar bermain air dan bersantai ria di atas ban, di Labuan Cerminnya pun tersedia penyewaan ban dalam mobil bahkan perahu air yang memiliki kaca transparan di bawahnya.

BACA JUGA:8 Daya Tarik Pulau Tabuhan di Banyuwangi Jawa Timur

Untuk kamu yang ingin berlama-lama, kamu bisa menginap di sekitar kawasan Labuan Cermin. Untuk penginapan kamu bisa menginap di sekitar Biduk-Biduk dengan harga penginapan yang beragam, yaitu mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 300.000.

Jadi, tunggu apa lagi ? Jika kamu berkunjung ke Kalimantan Timur jangan lewatkan destinasi wisata yang satu ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: