Berkunjung ke Sungai Tamborasi, Destinasi Wisata Sungai Terpendek di Dunia

Berkunjung ke Sungai Tamborasi, Destinasi Wisata Sungai Terpendek di Dunia

Sungai Tamborasi, Destinasi Wisata Sungai Terpendek di Dunia-Akun Insatagram @kolakainfo-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Tahukah kamu di Indonesia memiliki sungai terpendek di dunia. Sungai yang satu ini merupakan salah satu destinasi wisata favorit masyarakat Kabupaten Kolaka, Sulawesi TenggaraKolaka sendiri merupakan daerah yang terkenal akan potensi alamya yang melimpah.

Nah, Sungai Tamborasi inilah yang telah dinobatkan serta mendapatkan pengakuan, baik tingkat nasional maupun internasional, sebagai sungai terpendek di dunia saat oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sebagai sungai terpendek di dunia pada tahun 2020.

Penetapan Tamborasi sebagai sungai terpendek bukan tanpa alasan, sebab sungai Tamborasi berhasil mengalahkan catatan rekor yang dimiliki oleh sungai pendek lainnya dari berbagai negara di dunia. Sungai Tamborasi terletak di Pulau Sulawesi tepatnya berada di Desa Tamborasi, Kecamatan Wolo, Kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara. Sungai Tamborasi memiliki panjang sungai hanya 20 meter dan lebar 15 meter.

Menariknya, sungai ini terletak tepat di pinggir pantai yang berbatasan dan bersentuhan langsung dengan pesisir dan tepi pantai Tamborasi. Selain itu, panorama keindahan Tamborasi memiliki sejumlah keunikan yang mampu menarik pasang mata bagi siapapun yang mengunjungi tempat satu ini.

BACA JUGA:Berkunjung ke Desa Wisata Ketapanrame, Pemenang Desa Terbaik dan Terfavorit ADWI 2023

Pemandangan sungai Tamborasi semakin menarik dengan pemandangan pohon-pohon bergoyang dengan semilirnya angin sepai-sepoi yang menyentuh daunya, ditambah posisi sungai tepat berada dibawah jalan utama lintas kabupaten, penghubung antara Kolaka-Kolaka Utara membuat destinasi wisata yang satu ini semakin menawan. 

Selain itu, jika kamu berkunjung ke destinasi wisata yang satu ini kamu akan disuguhkan dengan panorama air sungainya yang berwarna hijau jernih, apalagi sumber mata airnya terpancar dari sela-sela bebatuan gunung disekitarannya.


Sungai Tamborasi, Destinasi Wisata Sungai Terpendek di Dunia-Akun Insatagram @visit_sultra-

Salah satu daya taya tarik yang membedakan sungai Tamborasi dengan sungai lainnya adalah sungai Tamborasi ini memiliki keunikan lainnya, dimana suhu airnya bervariasi. Suhu air antara hulu dan hilir berbeda. Di hilir suhu airnya relatif dingin, sedangkan di hulu suhu air relatif hangat.

Jika dilihat sekilas air sungai Tamborasi mempunyai ketenangan air layaknya seperti air di danau. Sehingga, banyak orang menganggap bahwa Tamborasi lebih menyerupai sebuah danau.

BACA JUGA:Berkunjung ke Pulau Merak Kecil, Pulau Tak Berpenghuni, Menyuguhkan Panorama Alam Menakjubkan

Akan tetapi, jika diperhatikan lebih seksama air ini mengalir sehingga bisa dikatakan sebagai sebuah sungai. Aliran air itulah yang menguatkan alasan bahwa Tamborasi memang sebuah sungai bukan danau.

Jika kamu menjelajahi sungai Tamborasi kamu akan banyak menemukan berbagai keanekaragaman hayati dan beberapa jenis spesies tertentu yang mendiami sungai ini. Jika beruntung, binatang endemik seperti monyet berbulu emas dan beberapa spesies burung laut akan ditemukan di sekitar Sungai Tamborasi.


Sungai Tamborasi, Destinasi Wisata Sungai Terpendek di Dunia-Akun Insatagram @visit_sultra-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: