Berkunjung ke Desa Wisata Ketapanrame, Pemenang Desa Terbaik dan Terfavorit ADWI 2023

Berkunjung ke Desa Wisata Ketapanrame, Pemenang Desa Terbaik dan Terfavorit ADWI 2023

Desa wisata Ketapanrame, pemenang desa terbaik ADWI 2023-Akun Instagram @disbudporapat.kabmjk-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Dalam ajang penghargaan tersebut, terpilih 75 desa wisata terbaik dari 4.573 desa wisata yang berpartisipasi dalam ADWI 2023. Nah, pemenang penghargaan kategori desa terbaik terdapat di Jawa Timur tepatnya di Kecamatan Trawas nama desa ini adalah Desa Wisata Ketapanrame.

Pasti kamu penasaran kenapa desa ini bisa menjadi pemenang sebagai desa wisata terbaik di Indonesia, berikut ulasannya.

Terletak di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Desa Wisata Ketapanrame merupakan desa wisata yang terkenal dengan banyaknya pilihan alternatif wisata yang dimiliki. Baik itu wisata alam, wisata kreasi, wisata budaya, dan wisata edukasi.

Dilansir dari laman jadesta.kemenparekraf.go.id Sektor wisata alam, Desa Wisata Ketapanrame memiliki Sawah Sumber Gempong, Air Terjun Dlundung, Air Terjun Talang, hingga Perkebunan Kopi. Dari sisi wisata budaya, wisatawan bisa coba pencak silat, bantengan, bermain gamelan, maupun tari Mayang Rontek.

BACA JUGA:Berkunjung ke Desa Wisata Penglipuran, Desa Tertua di Bali

Desa wisata yang terletak di Kecamatan Trawas ini juga memiliki wisata buatan, seperti Taman Ghanjaran dan Taman Kelinci yang cukup populer di kalangan wisatawan. Di sisi lain, untuk wisata edukasi, saat berkunjung ke desa ini kamu bisa coba menanam padi, membajak sawah, budidaya maggot, serta mengikuti proses pembuatan jamu secara langsung.

Terpilihnya Desa Wisata Ketapanrame sebagai “Desa Wisata Terbaik dan Terfavorit” ADWI 2023 tentu tidak bisa dipisahkan dari kelengkapan fasilitas yang ditawarkan. Pasalnya, desa wisata ini memiliki homestay dengan fasilitas memadai, spot foto, tempat kuliner, hingga kios suvenir yang menjual produk ekonomi kreatif lokal.


Desa wisata Ketapanrame, pemenang desa terbaik ADWI 2023-Akun Instagram @mojokertostory-

Desa wisata Ketapanrame  berada di daerah dataran tinggi dan memiliki kontur pegunungan. Ketinggian wilayahnya sekitar 800 - 1.000 mdpl. Tak salah membuat wisata alam memang menjadi andalan bagi desa ini. Ketapanrame terletak di antara dua pegunungan, yaitu Gunung Penanggungan dan Gunung Welirang.

BACA JUGA:8 Daya Tarik Pulau Tabuhan di Banyuwangi Jawa Timur

Saat kamu berkunjung ke desa yang satu ini kamu akan merasakan udara yanb sejuk dan menyegarkan. Selain itu, desa Ketapanrame memiliki curah hujan cukup tinggi. Sehingga, tempat ini juga memiliki aliran sungai besar dengan debit air yang cukup besar.

Destinasi wisata desa Ketapanrame menawarkan berbagai spot wisata menarik dan berbagai aktivitas seru. Wisata yang tersaji juga mengakomodasi peminat yang luas, meliputi berbagai pilihan wisata seperti wisata alam, buatan, budaya, hingga edukasi. Salah satu atraksi unggulan mereka misalnya kesenian Bantengan, hingga wahana kereta yang menjelajahi sawah.

Selain pariwisata, desa ini memiliki produk unggulan lain. Yakni, olahan jamu dan kopi. Berkunjung ke sini, kamu dapat membeli produk tersebut, hingga mempelajarinya langsung melalui paket wisata.

Saat berkunjung ke Desa Ketapanrame, kamu juga bisa staycation atau bermalam di sini. Terdapat pilihan bermalam dengan kemping hingga tinggal di homestay.

Bagi yang ingin bermalam sambil menikmati suasana alam yang lebih kental, traveler bisa memilih kemping di kawasan Camping Ground Sumber Gempong. Fasilitas camping ground tersebut meliputi kamar mandi umum, mushola, persewaan alat, area makan, hingga area WiFi.

BACA JUGA:Menjaga dan Melestarikan Penyu di Pantai Nipah, Kawasan Ekosistem Esensial Penyu

Sementara itu, jika ingin menginap dengan fasilitas lebih nyaman traveler bisa memilih beberapa homestay yang tersedia di sini. Harga menginap homestay variatif, mulai dari Rp 180.000 hingga Rp 350.000.

Tahukah kamu, desa Ketapanrame memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mutiara Welirang. BUMDES mampu mengelola beberapa tempat wisata seperti Taman Ghanjaran dan Sumber Gempong.


Desa wisata Ketapanrame, pemenang desa terbaik ADWI 2023-Akun Instagram @rianugroho-

Sehingga desa ini pun berhasil mendapatkan pendapatan fantastis dari praktik pariwisata. Dikabarkan laba bersih BUMDes tersebut senilai Rp 2,4 miliar dan ditargetkan bisa menyentuh Rp 3 miliar di tahun ini.

Desa wisata Ketapanrame menawarkan berbagai keunggulan, tak heran jika desa ini menjadi desa wisata terbaik dalam ADWI 2023. Nah, jika kamu ingin berkunjung ke Jawa Timur, jangan lewatkan untuk berwisata ke Desa Ketapanrame.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: