Mengenal dan Menjelajahi Taman Nasional Tanjung Puting Habitat Orang Hutan Terbesat di Dunia

Mengenal dan Menjelajahi Taman Nasional Tanjung Puting Habitat Orang Hutan Terbesat di Dunia

Keindahan Taman Nasional Tanjung Puting -Akun Instagram @pesonaindonesia-

BACA JUGA:Berkunjung ke Air Terjun Tanggedu di Sumba Nusa Tenggara Timur

Di sini kamu akan merasakan nuansa tenang dan damai karena kealamian hutan yang masih terjaga dengan baik. Sungai di sekitar kawasan taman nasional juga merupakan sumber air yang jernih dan didiami beragam ikan air tawar dan makhluk dua alam. 

Banyak wisatawan yang rela berkunjung ke Tanjung Puting hanya untuk melihat dan mengeksplore kehidupan para Orangutan yang ada di sana. Bahkan tempat ini juga menjadi pusat penelitian orangutan yang bertempat di Camp Leakey. 


Orangutan yang berada di wasan Taman Nasional Tanjung Puting -Akun Instagram @travelpixel -

Di sanalah orangutan ditangkarkan dan diteliti secara berkelanjutan. Dengan sekira tiga perempat populasi orangutan di dunia yang hidup di Kalimantan, Taman ini adalah tempat paling sempurna untuk melihat langsung kehidupan hewan menakjubkan itu di alam liar.

Saat ini Taman Nasional Tanjung Puting menjadi incaran para wisatawan, Ekowisata pusat rehabilitasi Orangutan di Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah makin diserbu turis asing, terutama asal Amerika, Eropa dan Jepang.

BACA JUGA:Berselancar di Pantai Nihiwatu, Pantai dengan Ombaknya yang Ganas dan Tercepat di Dunia

Jumlah kunjungan wisatawan di Tanjung Puting tahun 2022 sekitar 24.000 orang, berasal dari Spanyol yakni 7.198 wisatawan, Jerman 1.921 wisatawan, Amerika Serikat 1.846 wisatawan, Inggris 1.069, Perancis 1.064 wisatawan juga Belanda, Australia, Italia, dan Polandia serta wisatawan domestik yang berjumlah 1.281 orang. 

Kemenparekraf telah banyak memberikan bantuan dan terus berupaya melakukan pengembangan ekowisata di Tanjung Puting, diantaranya pembangunan gedung pusat informasi wisata, pembangunan dermaga untuk kapal klotok, pembangunan dua kapal klotok, pembangunan beberapa homestay, dan toilet.

BACA JUGA:Berselancar di Pantai Nihiwatu, Pantai dengan Ombaknya yang Ganas dan Tercepat di Dunia

Nah, Bagi turis, kunjungan ke ekowisata Tanjung Puting selain melihat dan memberikan makan Orang Utan juga dapat melakukan trecking ke dalam hutan, melihat satwa lainnya seperti babi hutan, jenis monyet Bekantan, Owa-owa dan Ungka, beruang madu serta 200 jenis burung satwa liar lainnya.

Selain itu, di sana ada hotel di tengah hutan yakni Rimba Orangutan Lodge dan para turis bisa menikmati panorama hutan rimba dengan kapal klotok sambil menyusuri sungai Sekonyer. Para wisatawan dapat makan, minum teh dan kopi serta pisang goreng di kapal Klotok itu. Bahkan tidur malam di kapal klotok di pinggir sungai Sekonyer. 

Taman Nasional Tanjung Puting merupakan salah satu destinasi wisata yang rekomended untuk kamu kunjungi. Selain kamu bisa menikmati keindahan alamnya kamu juga bisa merasakan ketenangan saat berkunjung ke destinasi wisata yang satu ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: