Mengenal dan Menjelajahi Taman Nasional Tanjung Puting Habitat Orang Hutan Terbesat di Dunia

Mengenal dan Menjelajahi Taman Nasional Tanjung Puting Habitat Orang Hutan Terbesat di Dunia

Keindahan Taman Nasional Tanjung Puting -Akun Instagram @pesonaindonesia-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pulau Kalimantan merupakan pulau terbesar ketiga yang memiliki kawasan hutan lindung yang sangat luas. Hutan-hutan yang berada di Kalimantan ditinggali berbagai flora dan fauna endemik Kalimantan.

Salah satu hutan yang paling terkenal adalah Taman Nasional Tanjung Puting. Saat kamu memasuki kawasan Taman Nasional Tanjung Puting kamu akan mendapatkan pengalaman yang tidak akan terlupakan.

Kamu akan menjadi seorang petualang untuk bertemu beragam hewan tropis nan eksotis dengan bintang utamanya adalah orangutan. 

BACA JUGA:Berkunjung ke Danau Paisu Pok Danau Terindah di Sulawesi Tengah

Tanjung Puting begitu istimewa karena kawasan ini merupakan ibu kota-nya orangu tan di muka bumi, bagaimana bisa? karena kawasan taman ini memiliki jumlah Orangutan terbesar di seluruh dunia ada sekitar 6000 lebih Orangutan yang tinggal di sana. 

Tahukah kamu, di dunia hanya dua negara yang memiliki Orangutan yakni Indonesia dan Malaysia. Jadi Orangutan memang termasuk asset dan kekayaan negara Indonesia yang perlu dijaga dan dilestarikan kehidupan agar tidak punah serta anak dan cucu kita bisa mengetahui keberadaannya, 


Orangutan yang berada di wasan Taman Nasional Tanjung Puting -Akun Instagram @travelpixel -

Taman Nasional Tanjung Puting luasnya mencapai 415.040 hektar. Awalnya Taman Nasional  Tanjung Puting  merupakan cagar alam dan suaka margasatwa dengan luas total 305.000 hektar. 

Di kawasan ini juga terdapat habitat para bekantan dan monyet ekor panjang, burung, serta hewan liar lainnya, belum lagi tanaman asli hutan itu sendiri.

Hal ini merupakan suatu kebanggaan bagi negara Indonesia karena memiliki keanekaragaman hayati yang begitu melimpah bak harta karun yang paling berharga.

BACA JUGA:Pesona Air Terjun Wairamang yang Ditemukan oleh Anak 13 Tahun di Sumba

Taman Nasional Tanjung Puting berada di Provinsi Kalimantan Tengah tepatnya terletak di Kecamatan. Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat. Awalnya kawasan ini dinyatakan sebagai cagar alam tahun 1935 dan menjadi taman nasional pada 1982.

Taman yang satu ini berada di semenanjung luar laut Jawa dengan zona habitat yang beragam dari sejumlah besar makhluk hidup, baik flora dan fauna.

Selain itu, Taman Nasional Tanjung Puting merupakan objek wisata yang  paling terkenal dengan kekayaan alam dan hewan. Terutama orangutan, yang menjadi penghuni asli hutan kalimantan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: