Ada di Jawa Timur! Indonesia Punya Pantai dengan Ombak Terlangka di Dunia

Ada di Jawa Timur! Indonesia Punya Pantai dengan Ombak Terlangka di Dunia

Pantai Plengkung merupakan salah satu pantai terindah di Jawa Timur-Akun Instagram @meobeachcam-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pantai Plengkung merupakan wisata yang berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Pantai Plengkung juga dikenal dengan nama Pantai G-Land, salah satu pantai terindah di Jawa Timur. Pantai ini menawarkan potensi wisata pantai yang luar biasa.

Memiliki potensi yang sangat bagus untuk meningkatkan minat pariwisata. Beberapa tahun belakangan Pantai Plengkung menjadi tempat perhelatan event selancar dunia bernama WSL tour Championship 2022.

BACA JUGA:Ada Sejak 700 Tahun Lalu! Desa di Belitung Timur Ini Jadi Lokasi Wisata Tambang Timah dan Intan Hitam

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya Pantai Plekung terkenal dengan ombaknya yang tinggi dan menantang. Dihimpun dari berbagai sumber, ombak Pantai Plengkung berbentuk memanjang, tinggi, dan berkecepatan tinggi.

Diketahui ketinggian ombak di Pantai Plekung terdapat beberapa jenis tingkatan ombak antara lain, Many Track Waves dengan tinggi ombak berkisar 3-4 meter, Speedis Waves dengan tinggi ombak 5-6 meter, dan Kong Waves dengan tinggi 6-8 meter.


Pantai Plengkung merupakan salah satu pantai terindah di Jawa Timur-Akun Instagram @_rtshots-

Ombak tingkatan ketiga ini memungkinkan untuk melakukan Tube Riding saat berselancar. Tidak seperti ombak yang ada di pantai lain di Indonesia, Ombak di Pantai Plengkung merupakan ombak   terlangka di dunia.

BACA JUGA:Menikmati Indahnya Air Terjun Putri Nglirip, Destinasi Wisata Air Terindah di Indonesia

Ombak serupa hanya dapat ditemukan di Hawai dan Afrika Selatan. Keren sekali bukan? Tidak heran jika ombak di Pantai Plengkung diakui dunia.

Banyak wisatawan dari mancanegara yang liburan di pantai ini sekaligus berselancar. Bahkan, pantai yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia ini dikenal dengan julukan surganya para surfer.

Pantai Plengkung juga memiliki air yang berwarna biru jernih serta pasir putih yang menambah keindahan destinasi wisata yang satu ini.


Pantai Plengkung merupakan salah satu pantai terindah di Jawa Timur-Akun Instagram @wahidni_kakkoii-

Berkat keistimewaan yang dimilikinya, Pantai Plengkung di Banyuwangi ini juga terkenal dengan julukan G-Land. Salah satu alasannya karena huruf G yang mengarah pada Teluk Grajagan.

Huruf G juga diambil dari kata Green, karena Pantai Plengkung sebagai Green Forest, di kelilingi hamparan hutan tropis dan hutan dataran rendah yang masih asri.

BACA JUGA:Air Terjun Sendang Gile, Air Terjun Pemandian Para Bidadari

Huruf G juga berasal dari Great, menggambarkan ombak pantai yang besar dan panjang. ombak di pantai ini sangat disukai oleh para peselancar.

Pendapat lain disebut G-Land lantaran bentuk Pantai Plengkung mirip dengan huruf G. Meski beda-beda arti, tak mengubah esensi dan keindahan selama liburan di pantai.


Pantai Plengkung merupakan salah satu pantai terindah di Jawa Timur-Akun Instagram @revaldo_dannu-

Wisatawan mancanegara lebih mengenal Pantai Plengkung dengan sebutan G-Land. Jadi, kalau kamu lagi di luar negeri ketemu dengan peselancar, lalu dimintai rekomendasi pantai terbaik untuk berselancar, Pantai Plengkung bisa jadi jawaban.

Tak hanya itu, Pantai Plengkung terkenal dengan keindahan sunrisenya yang menakjubkan. Pengunjung dapat menyaksikan matahari terbit dari perbukitan yang berada di sekitar pantai.

BACA JUGA:Lembah Harau, Destinasi Wisata Vibes Desa Konoha di Kartun Anime Naruto

Pemandangan sunrise yang indah ini menjadi daya tarik utama bagi para fotografer. Jika kamu ingin berkunjung ke Pantai Plengkung kamu harus membayar tiket masuk yang relatif terjangkau.

Harga tiket masuk pada hari biasa berkisar antara Rp10.000 hingga Rp15.000. Sedangkan pada hari libur atau akhir pekan, harga tiket masuk bisa naik menjadi Rp20.000 hingga Rp25.000.

Kamu tidak perlu ragu lagi untuk datang ke Pantai Plengkung karena pantai ini akan memberikan kesan liburan yang menyenangkan. Kamu bisa berkunjung ke pantai ini jika sedang berada atau ingin berkunjung ke Jawa Timur.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: