Wajib Coba ! Nikmatnya Kuliner Sehat Kalangan Keraton Sanggau di Kalimantan Barat

Wajib Coba !  Nikmatnya Kuliner Sehat Kalangan Keraton Sanggau di Kalimantan Barat

Sungkui yang disajikan bersama sayur dan lauk pendamping-Akun Instagram @urayidamudiarti-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Selain dikenal dengan budaya kerajaan yang masih sangat kental, Kabupeten Sanggau, Kalimantan Barat merupakan tempat yang tepat untuk berburu wisata kuliner yang nikmat dan juga lezat. 

Sungkui menjadi salah satu makanan yang wajib kamu coba jika bertandang ke Kalimantan Barat. Sungkui merupakan makanan khas andalan kerajaan yang biasanya dihidangkan untuk tamu kehormatan atau jamuan acara-acara pesta di hari-hari besar seperti hari lebaran. 

Di kalangan Keraton Surya Negara Sanggau, sungkui merupakan menu yang wajib ada, dan dipastikan setiap tamu yang singgah ke Keraton akan disajikan makanan yang lezat ini.

Menu sungkui berbentuk sederhana yaitu tipis dan lonjong memanjang. Namun meskipun begitu sungkui memiliki aroma yang khas, sehingga membuat sungkui banyak disukai di berbagai kalangan, baik kalangan biasa maupun pengusaha dan pejabat ketika ada perayaan hari besar.

BACA JUGA:Soto Lamongan, Makanan Khas Jawa Timur dengan Melibatkan Berbagai Budaya dari China, Jawa, hingga Belanda

Sama halnya dengan lontong, sungkui terbuat dari beras. Cara memasak sungkui pun sangat sederhana, yaitu setelah beras dibungkus ke dalam daun keririt, kemudian diikat. Setelah itu direbus sekitar 4 jam dan agar matang merata maka setiap 2 jam sekali sungkui harus dibolak-balik.

Cara menyajikan sungkui kuliner khas Sanggau yaitu dengan dihidangkan bersama sambal nanas, opor ayam, rendang sapi, gulai, dan yang wajib ada adalah taburan serondeng. 

Tahukah kamu, Sungkui mempunyai manfaat untuk kesehatan. Sungkui dahulunya dipercaya dapat menyehatkan kulit dan menyegarkan tubuh. 

Unsur-unsur dalam kandungan Sungkui dapat menjaga peremajaan kulit sehingga terhindar dari keriput. Serta dapat memperlancar peredaran darah dan nafas sehingga tubuh akan terasa selalu segar. 

BACA JUGA:Nikmati Masakan Khas Sunda Tahun 70an di Alas Bambu Resto & Garden Bandung

Bahkan Sungkui juga dahulunya dipercaya dapat menjaga sel-sel rahim bagi wanita dan menyehatkan kandungan sperma bagi kaum pria sehingga akan membantu mempermudah untuk memiliki keturunan. Sungkui lebih banyak manfaatnya untuk perawatan tubuh, kulit dan wajah.

Itulah ulasan mengenai sungkui makanan khas yang memiliki banyak Manfaat untuk kesehatan tubuh. Jika kamu bertandang ke Kalimantan Barat jangan lewatkan makanan yang satu ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: