Pilih Laptop Prosesor AMD atau Intel? Simak perbedaan keduanyabiar gak salah pilih!

Pilih Laptop Prosesor AMD atau Intel? Simak perbedaan keduanyabiar gak salah pilih!

Dalam pemilihan sebuah laptop, salah satu pertimbangannya adalah kecepatan.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pada zaman yang serba digital seperti sekarang ini, penting untuk memiliki gawai seperti laptop yang mumpuni untuk menunjang suatu pekerjaan atau tugas.

Salah satu pertimbangan dalam membeli laptop, prosesor menjadi bagian terpenting karena mempunyai fungsi bagi seluruh operasi perangkat. Dan semua perintah dimulai dari prosesor ini agar dapat berjalan dengan lancar.Jika membahas soal prosesor, tentunya kita tidak asing lagi dengan Intel dan AMD. Karena dua prosesor tersebut adalah dua prosesor yang bersaing ketat untuk menguasai pangsa prosesor, terutama di Indonesia.

BACA JUGA:Bertemu Anies Baswedan, Ini Keluhan Pedagang di Bengkulu

Intel merupakan kepanjangan dari Integrated Electronics yang merupakan perusahaan asal Amerika Serikat tepatnya di Santa Clara, Silicon Valley, California yang diciptakan oleh Robert Noyce.

Sementara AMD merupakan kepanjangan dari Advanced Micro Devices yang diciptakan oleh John Carey, Jack Gifford, dan Jerry Sanders. AMD sendiri merupakan perusahaan multinasional asal Amerika yang memiliki kantor pusat di Santa Clara.

Penting bagi kamu sebelum membeli laptop untuk mengetahui apa saja perbedaan antara AMD atau Intel agar tidak menyesal.

BACA JUGA:Menjelajahi Hutan Mangrove Melihat Keindahan Panorama Hutan Mangrove Sambil Olahraga Kano

Simak perbedaan kedua prosesor ini, yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Kecepatan
Dalam pemilihan sebuah laptop, salah satu pertimbangannya adalah kecepatan. Karena kamu sudah pasti ingin mempunyai perangkat dengan kecepatan yang tinggi sehingga dalam pengerjaan tugas lebih ngebut dan nyaman dan tidak membutuhkan waktu lama.

Biasanya untuk menguji kecepatan diperlukan tes benchmark. Ada sebuah fakta menarik dimana Intel diklaim jauh lebih cepat ketimbang AMD dari sisi kinerja. Walaupun tidak terpaut jauh, nyatanya Intel memiliki kecepatan yang lebih baik dari AMD.

BACA JUGA:Pemkot Bengkulu Terus Dorong Masyarakat Taat Bayar Pajak

2. Grafik
Saat menggunakan laptop, mempunyai grafik yang oke dan nyaman sangatlah diperlukan. Apalagi untuk bermain game online yang sekarang ini cukup banyak pilihan yang bisa dimainkan. Dalam bermain game, kekuatan prosesor sangat dibutuhkan. Kamu tidak mau dong jika sedang bermain game tapi gambarnya kaku atau lemot? Kalau melihat dari segi grafik, AMD lebih unggul dari Intel karena mampu menjalankan game dengan performa yang prima meskipun suhu laptop meningkat.

3. Manajemen Suhu
Penggunaan perangkat dengan jangka waktu yang lama mengakibatkan peningkatan suhu yang tinggi dan mengakibatkan laptop menjadi panas. Oleh sebab itu, manajemen suhu amat sangat dibutuhkan. Dan salah satu tugas prosesor adalah mengatur dan meminimalisir suhu tinggi yang ada di perangkat meskipun sudah memiliki kipas pendingin.

Jika dilihat dari sisi manajemen suhu, Intel lebih unggul ketimbang AMD karena Intel memiliki manajemen suhu yang lebih bagus dan saat menggunakan perangkat, prosesor Intel tidak mudah panas dan tidak terlalu berisik.
BACA JUGA:Berkelahi, Remaja Bengkulu Utara Meninggal, Pelaku Ditangkap

4. Virus
Ketika kamu membeli laptop, kamu pasti cukup khawatir apabila laptop tersebut terkena virus. Virus adalah semacam program jahat yang dapat memberi dampak buruk bagi pengguna seperti lemot. Selain itu, virus juga mampu memperburuk kinerja dari laptop dan paling parahnya adalah mencuri data-data penting.

AMD memiliki teknologi yang mendeteksi virus sementara Intel tidak.Sebelum virus mulai mengerogoti laptop kamu, AMD bakal lebih tahu dulu sehingga menjadikan AMD lebih unggul dibandingkan Intel.

5. Harga
Salah satu hal yang wajib diperhatikan untuk menentukan prosesor apa yang ingin digunakan adalah harga. Lantaran harga yang tinggi pastinya juga memberikan keunggulan yang lebih banyak lagi. Saat ini, laptop yang menggunakan prosesor Intel memiliki harga yang sedikit lebih tinggi dibanding AMD.

BACA JUGA: Ini Dia Ciri Ciri Orang Hamil Dilihat dari Raut Wajah

Jika kamu ingin membeli laptop dengan harga murah namun spesifikasi tinggi, maka pilih AMD namun jika kamu dengan performa multimedia yang mumpuni, maka pilih Intel. Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan jika kedua prosesor ini tidak ada yang lebih unggul karena keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Apapun prosesor yang kamu pilih, sesuaikan kebutuhan dan budget yang tersedia.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: