Ampuh! Ini Dia Tips Hindari Gangguan Kesehatan Mental Akibat Media Sosial

Ampuh! Ini Dia Tips Hindari Gangguan Kesehatan Mental Akibat Media Sosial

Cyber Bullying merupakan salah satu penyebab kasus kematian -Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Saat ini ada banyak dampak media sosial terhadap kesehatan mental, bahkan banyak kasus cyber bullying yang merajalela di berbagai platform media sosial yang menyebabkan tingginya tingkat kematian karena penggunaan media sosial yang tidak digunakan secara bijak. 

Cyber Bullying merupakan salah satu penyebab kasus kematian karena penggunaan media sosial. Angka bullying di Indonesia cukup tinggi terutama di kalangan pelajar. 

Berdasarkan data yang dihimpun pada Juli 2023, mayoritas bullying terjadi di SD (25 persen) dan SMP (25 persen), lalu di SMA (18,75 persen) dan SMK (18,75 persen), MTs (6,25 persen) dan Pondok Pesantren (6,25 persen).

BACA JUGA:Battle POCO F5 vs Xiaomi 13T, Pertarungan Kualitas Tanpa Tanding

Cyber bullying pada media sosial dapat memicu gejala gangguan mental seperti depresi. Untuk menghindari munculnya gejala-gejala tersebut, Anda bisa menerapkan beberapa tips mudah di bawah ini dalam menjalankan kehidupan sehari-hari agar mengurangi penggunaan berlebih pada media sosial . 

Berikut ini tips ampuh hindari gangguan kesehatan mental terhadap penggunaan media sosial: 

1. Matikan notifikasi

Dengan Langkah ini Anda bisa lebih mudah fokus pada hal yang sedang kamu kerjakan. Notifikasi yang muncul dengan nada dan pemberitahuan di layar akan menuntut Anda untuk segera memeriksa, sebab bisa jadi itu hal penting yang tidak boleh dilewatkan.

2. Gunakan aplikasi pendukung untuk mengunci gawai

Selain “Do Not Disturb”, mengurangi penggunaan media sosial juga bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi yang bertujuan untuk memblokir kerja gawai sehingga kamu tidak bisa menggunakan dan mengaksesnya. 

BACA JUGA:Menggali Lebih Dalam ke Dunia Fotografi dengan Fuji Film GFX 50R

3. Mencari Aktivitas Menyenangkan dan Bermanfaat 

Dengan mengikuti kegiatan di berbagai komunitas Anda akan lebih fokus dengan dunia luar. Anda bisa mengikuti komunitas yang sesuai dengan hobi  atau bahkan hal yang belum pernah dicoba sebelumnya. Anda bisa coba dengan komunitas lingkungan, pecinta motor, olahraga, komunitas musik dan lain sebagainya 

4. Hapus aplikasi yang tidak kamu butuhkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: