Gedung Sate, Bangunan Bersejarah di Bandung yang Kini Menjadi Kantor Gubernur dan Museum

Gedung Sate, Bangunan Bersejarah di Bandung yang Kini Menjadi Kantor Gubernur dan Museum

Pemandangan Museum Gedung Sate dari ketinggian. Sumber : Akun Instagram @pullmanbandungrandcentral-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Kota Bandung Jawa Barat merupakan salah satu kota yang memiliki banyak bangunan bersejarah, salah satu bangunan yang paling ikonik yakni Gedung Sate.

Ya destinasi yang tidak boleh kamu lewatkan ketika berkunjung ke Bandung. Gedung yang dibangun pada 27 Juli 1920 ini terletak di tengah pusat Kota Bandung tepatnya di Jalan Diponegoro Nomor 22, Citarum, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung.

Pada zaman Hindia Belanda, Gedung Sate difungsikan sebagai kantor Department Verkeer en Waterstaat atau kantor Departemen Pekerjaan Umum dan Pengairan. Namun pada tahun 1980, Gedung Sate dialihfungsikan sebagai kantor Gubernur Provinsi Jawa Barat hingga saat ini.

BACA JUGA:Kampung Warna Warni Ala Eropa di Kampung Jodipan Malang

Di dalam gedung ini terdapat museum Gedung Sate yang dapat dikunjungi oleh wisatawan dan menjadi salah satu wisata edukasi yang wajib dikunjungi jika berkunjung ke Kota Bandung. Museum ini khusus dibangun untuk memperkenalkan sejarah pembangunan Gedung Sate yang memiliki ciri khas berupa ornamen tusuk sate di atap gedung yang berfungsi sebagai penangkal petir. Terdapat 6 tusuk sate yang melambangkan biaya pembangunan sebesar 6 juta gulden kala itu.

Museum yang diresmikan tanggal 8 Desember 2017 oleh Gubernur Jawa Barat menyimpan banyak koleksi benda dan nilai sejarah dengan mengusung konsep "Smart Museum", sehingga pengunjung dapat menikmati kisah sejarah melalui teknologi digital yang interaktif.

Museum Gedung Sate berada di bagian timur Gedung Sate dan berada di lantai dasar gedung. Ada beberapa fasilitas yang dapat dinikmati di dalam gedung ini di antaranya:

BACA JUGA:Gunung Patah Bengkulu, Memiliki 3 Puncak, Habitatnya Flora dan Fauna Khas Sumatera

1. Timeline Kota Bandung dan Provinsi Jawa Barat

Hal pertama yang dilihat pengunjung ketika memasuki ruang museum adalah timeline sejarah kota Bandung dan Provinsi Jawa Barat sejak tahun 1810 hingga 1924. Di sudut ini dijelaskan secara singkat dan jelas terkait perkembangan Kota Bandung dari tahun ke tahun.

2. Auditorium Film

Museum Gedung Sate memiliki auditorium pemutaran film yang menampilkan film pendek sejarah kota Bandung dari tahun ke tahun. Pemutaran film ini dilakukan di dalam auditorium yang persis seperti di bioskop.

3. Interactive Glass

Interactive Glass berfungsi menampilkan informasi sejarah Gedung Sate melalui layar grafis yang interaktif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: