Agar Lebih Awet Jangan Asal Membersihkan Rice Cooker, Begini Caranya

Agar Lebih Awet Jangan Asal Membersihkan Rice Cooker, Begini Caranya

Jika rice cooker tidak terlihat dalam kondisi terbaiknya, mungkin sudah waktunya dibersihkan. Untungnya, membersihkan rice cooker mudah dilakukan.-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Gunakan spons dan air sabun yang sama untuk membersihkan rice cooker dan keranjang kukus. Jika berhadapan dengan nasi yang sangat berkerak, gunakan spatula plastik atau karet untuk mencungkil sisa-sisa makanan yang membandel. 

Hindari peralatan logam saat mengikis nasi yang menempel karena dapat merusak alat. Setelah selesai mencuci, bilas dan seka dengan handuk kering. 

BACA JUGA:KABAR GEMBIRA! Bulan November Dipastikan Bantuan Rice Cooker Gratis Dibagikan

3. Lepaskan Tutup Dan Bersihkan 

Jika rice cooker memiliki penutup yang dapat dilepas (dan sebagian besar memang demikian), lepaskan dan bersihkan dengan spons dan air sabun. 

Setelah selesai, seka dengan kain mikrofiber basah untuk menghilangkan buih sabun. Anda sekarang dapat mengganti tutupnya serta bagian dalamnya jika belum melakukannya. 

4. Bersihkan Eksterior 

Ambil pembersih serbaguna, lalu campurkan satu bagian air dengan satu bagian cuka putih ke dalam botol semprot, kocok hingga kedua bahan tercampur. 

Setelah itu, semprotkan bagian luar rice cooker secara menyeluruh, lalu seka dengan kain mikrofiber. Berhati-hatilah dengan komponen listrik (steker dan sakelar) dan hindari membasahinya jika bisa.

BACA JUGA:Sumsel Dapat Jatah Bantuan 10.844 Rice Cooker Gratis, Penerimanya Diusulkan dari sini

Cara Menjaga Kebersihan Rice Cooker  

1. Ingat, perawatan adalah kuncinya. Membersihkan rice cooker setiap kali selesai digunakan tidak hanya membuat proses pembersihan lebih mudah, tetapi juga membuat alat bekerja lebih efisien, yang berarti makanan yang lebih lezat dan lebih sedikit berantakan. 

2. Jangan pernah menggunakan sabut baja, peralatan logam, atau apa pun yang bersifat sangat abrasif pada rice cooker. Ini akan menggores perangkat keras dan merusak alat. 

3. Berhati-hatilah agar nasi tidak terlalu matang. Menggunakan metode memasak yang baik adalah bentuk pertahanan terbaik untuk mencegah rice cooker lengket dan berkerak. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: