Agar Lebih Awet Jangan Asal Membersihkan Rice Cooker, Begini Caranya

Agar Lebih Awet Jangan Asal Membersihkan Rice Cooker, Begini Caranya

Jika rice cooker tidak terlihat dalam kondisi terbaiknya, mungkin sudah waktunya dibersihkan. Untungnya, membersihkan rice cooker mudah dilakukan.-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Rice cooker atau penanak nasi membuat tugas memasak lebih mudah dan praktis tanpa khawatir nasi akan gosong.  

Anda cukup menekan tombol memasak, lalu rice cooker akan bekerja memasak nasi dengan sendiri.  

Biasanya, rice cooker membutuhkan waktu sekitar 30-45 menit untuk memasak nasi. Sambil menunggu nasi matang, Anda bisa melakukan pekerjaan rumah tangga lainnya, seperti mengepel atau memasak hidangan. Sungguh praktis, bukan?  

Selain memasak nasi, rice cooker juga berfungsi menghangatkan nasi. Namun, seiring berjalannya waktu dan penggunaan, rice cooker dapat menjadi kotor dan kehilangan kilaunya. 

BACA JUGA:Tips Mencegah Nasi Menempel di Panci Rice Cooker

Jika rice cooker tidak terlihat dalam kondisi terbaiknya, mungkin sudah waktunya dibersihkan. Untungnya, membersihkan rice cooker mudah dilakukan.

Berikut sejumlah cara membersihkan rice cooker yang bisa dilakukan.

Saat membersihkan peralatan apa pun, sebaiknya membaca buku panduan terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada instruksi khusus untuk perangkat Anda. 

Mulailah mencabut penanak nasi dari stopkontak, biarkan hingga benar-benar dingin, dan lindungi semua bagian listrik dari sabun dan air yang akan Anda gunakan untuk membersihkan perangkat. 

Selain itu, mengevaluasi produk mana yang akan Anda gunakan untuk membersihkan rice cooker. Karena rice cooker menggunakan panas tinggi untuk memasak makanan, panduan ini merekomendasikan penggunaan produk yang lembut dan tidak beracun. 

Jika ingin menggunakan pembersih yang lebih kuat, itu terserah Anda, tetapi perhatikan bahan kimia apa yang akan Anda masukkan ke makanan setelah selesai membersihkan rice cooker. 

BACA JUGA:Cara Mencegah Rice Cooker Bau, Ketahui Penyebabnya

Usahakan membersihkan rice cooker setiap kali selesai digunakan. Hal ini tidak hanya lebih higienis, tetapi juga akan mencegah butiran beras tersangkut di sisi-sisinya, menciptakan kerak yang sulit dibersihkan. 

Membersihkan rice cooker setiap kali selesai digunakan akan mempermudah perawatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: