Sumsel Dapat Jatah Bantuan 10.844 Rice Cooker Gratis, Penerimanya Diusulkan dari sini

Sumsel Dapat Jatah Bantuan 10.844 Rice Cooker Gratis, Penerimanya Diusulkan dari sini

ilustrasi rice cooker--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Rencana pemerintah pusat membagikan alat masak berbasis listrik berupa Rice Cooker gratis akan berlangsung November 2023 mendatang.

Sumatera Selatan (Sumsel) mendapat jatah sekitar 10.844 buah Rice Cooker untuk dibagikan gratis ke masyarakat.

"Untuk Sumsel diamanahkan rice cooker sebanyak 10.844 pcs," kata Kepala Bidang Ketenagalistrikan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sumsel, Tulus Santoso.

Pembagian bantuan rice cooker gratis ini sebagai upaya mengurangi impor iliquified petroleum gas (LPG) untuk memasak. Juga untuk meningkatkan penggunaan teknologi memasak yang lebih bersih.

BACA JUGA:Bengkulu Dapat Kuota 3.845 Rice Cooker Gratis, Ini Syarat Penerimanya

BACA JUGA:KABAR GEMBIRA! Bulan November Dipastikan Bantuan Rice Cooker Gratis Dibagikan

Bantuan tersebut akan diterima calon penerima yang telah terdaftar pada usulan kades dan lurah setempat. 

Adapun dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor 11 Tahun 2023, spesifikasi alat masak listrik yang akan dibagikan, yakni alat memasak yang memiliki kapasitas pengenal 1,8 liter hingga 2,2 liter. 

Alat memasak itu dilengkapi stiker bertuliskan "Hibah Kementerian ESDM dan Tidak untuk Diperjualbelikan", yang tidak mudah luntur dan tidak mudah lepas.

BACA JUGA:Berapa Sih Jam Tidur yang Baik untuk Kesehatan?

BACA JUGA:Agar Rezeki Mengalir Deras Sepanjang Hidup, Mbah Moen: Lakukan 5 Kebiasaan ini

Rice cooker gratis pada program ini juga diutamakan produk dan potensi dalam negeri yang dibuktikan dengan sertifikat tingkat komponen dalam negeri. Selain itu, harus berlabel SNI dan memiliki label hemat energi.

Program rice cooker gratis Kementerian ESDM dianggarkan sekitar Rp 340 miliar dan ditujukan kepada rumah tangga yang merupakan pelanggan PT PLN (Persero) atau PLN Batam dengan listrik golongan 450 VA, 900 VA, dan 1.300 VA dan tidak memiliki alat memasak listrik.(**)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: