Agar Hasil Maksimal, Berikut Cara Pakai Sunscreen yang Tepat untuk Kulit

Agar Hasil Maksimal, Berikut Cara Pakai Sunscreen yang Tepat untuk Kulit

Cara penggunaan suncreen-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BACA JUGA:Manfaat Suntik DNA Salmon untuk Kulit, Begini Penjelasannya

Selain memperhatikan tingkat SPF, dalam pemilihan produk sunscreen perlu juga memperhatikan tingkat PA (Protection Grade of UVA). Hal ini penting karena produk sunscreen dengan label PA, tidak hanya dapat menangkal sinar UVB, tetapi juga sinar UVA yang bisa menyebabkan kulit mengalami penuaan dini dan kanker kulit. 

Tingkat perlindungan terhadap paparan sinar UVA diukur menggunakan metode PPD (Persistent Pigment Darkening), di mana nilai 10 PPD dipercaya dapat bertahan 10 kali lipat lebih lama. 

Untuk memudahkan, metode PPD ini dikonversi ke sistem PA yang biasanya tercantum dalam kemasan sunscreen sebagai berikut :

- PPD 2–4 setara dengan PA+

- PPD 4–8 setara dengan PA++

- PPD 8–16 setara dengan PA+++

- PPD lebih dari 16 setara dengan PA++++

2. Menggunakan Sunscreen Yang Sesuai Dengan Jenis Kulit

Selain memperhatikan SPF, penting pula untuk memilih produk sunscreen yang sesuai dengan jenis kulit agar terhindar dari berbagai masalah kulit lainnya, seperti komedo atau jerawat. Pada dasarnya, panduan umum yang dapat diperhatikan untuk memilih sunscreen yang sesuai jenis kulit adalah sebagai berikut :

BACA JUGA:Wajib Tahu, Begini Cara Detoks Wajah dari Kandungan Merkuri

A. Kulit Berminyak dan Mudah Berjerawat

Cara pakai sunscreen yang disarankan pemilik kulit berminyak adalah memilih sunscreen bertekstur gel dan berbahan dasar air. 

Pilihlah produk sunscreen yang mengandung tea tree oil, teh hijau, atau niacinamide untuk membantu mengendalikan produksi minyak berlebih. 

Selain itu, seseorang yang memiliki kulit berminyak perlu memilih produk sunscreen yang bersifat non-comedogenic atau yang tidak berisiko menyumbat pori-pori kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: