Agar Hasil Maksimal, Berikut Cara Pakai Sunscreen yang Tepat untuk Kulit

Agar Hasil Maksimal, Berikut Cara Pakai Sunscreen yang Tepat untuk Kulit

Cara penggunaan suncreen-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Sebagai upaya mencegah munculnya jerawat, penting untuk memilih produk sunscreen yang mengandung titanium dioxide atau zinc oxide.

B. Kulit Kering

Jika memiliki kulit kering, dianjurkan untuk menggunakan produk sunscreen yang berbentuk krim dan mengandung ceramide, hyaluronic acid, atau gliserin agar dapat melembapkan kulit secara optimal. Sunscreen dengan label "hydrating" atau "moisturizing" cocok untuk kulit kering.

C. Kulit Sensitif

BACA JUGA:Polusi Udara, Bahayanya Bagi Wajah dan Cara Mengatasinya

Pada dasarnya, produk sunscreen yang direkomendasikan untuk seseorang dengan kulit sensitif adalah yang tidak mengandung bahan aktif atau dapat menimbulkan reaksi negatif pada kulit. 

Beberapa bahan atau komposisi sunscreen yang perlu dihindari oleh seseorang dengan kulit sensitif adalah alkohol, bahan pengawet (paraben), zat pewangi, oxybenzone, asam salisilat, para-aminobenzoic acid, dan bahan-bahan sejenis lainnya.

Jika memiliki kulit berjerawat, pilihlah produk sunscreen yang mengandung titanium dioxide atau zinc oxide karena bahan tersebut cenderung lebih aman dan minim menimbulkan reaksi negatif pada kulit. 

Selain itu, sunscreen yang mengandung madecassoside, allantoin, dan panthenol diketahui mampu membantu menenangkan kulit serta mengurangi iritasi pada kulit sensitif.

D. Kulit Normal

Sunscreen yang disarankan untuk seseorang dengan kulit normal adalah produk dengan spektrum perlindungan luas (broad-spectrum) dan SPF yang sesuai dengan aktivitas di luar ruangan. 

Pasalnya, pemilik kulit normal cenderung lebih leluasa mencoba beberapa produk sunscreen guna menemukan produk yang sesuai dengan kondisi kulit. 

Namun, jika merasa bingung saat memilih produk sunscreen untuk kulit normal, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis dermatologi guna memperoleh saran yang tepat dan sesuai dengan kondisi kulit.

BACA JUGA:Manfaat Tomat untuk Wajah, Begini Cara Penggunaannya

3. Memilih Produk Sunscreen Dengan Label Broad Spectrum

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: