Radang Amandel, Ketahui Penyebab dan Cara Pengobatannya

Radang Amandel, Ketahui Penyebab dan Cara Pengobatannya

Radang Amandel, Ketahui Penyebab Dan Cara Pengobatannya-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Komplikasi Radang Amandel

Apabila radang amandel tidak mendapatkan perawatan atau pengobatan dengan tepat, maka beberapa risiko komplikasi yang mungkin terjadi antara lain :

- Sleep apnea: Gangguan pernapasan pada saat tidur, radang amandel yang tidak terawat dengan baik dapat menghambat saluran pernapasan dan menyebabkan pernapasan terhenti berkali-kali selama beberapa detik saat tidur.

- Abses peritonsiler: Kumpulan nanah (abses) dapat terbentuk di sekitar amandel ketika kondisi semakin parah. Komplikasi ini lebih sering terjadi pada anak-anak.

- Demam rematik: Demam rematik dapat terjadi apabila radang amandel oleh infeksi bakteri, seperti streptokokus, tidak diobati. Kondisi ini lebih sering dialami anak-anak dan berisiko menyebabkan kerusakan pada jantung.

BACA JUGA:Mudah Dilakukan, Begini Cara Mengatasi Batuk Pilek Pada Bayi

Pengobatan Radang Amandel

Cara mengobati radang amandel ringan umumnya cukup dengan penggunaan obat-obatan. Biasanya dokter akan meresepkan antibiotik apabila radang amandel disebabkan oleh bakteri. 

Saat mengonsumsi antibiotik, pastikan untuk menghabiskannya meski kondisi sudah membaik atau pulih sepenuhnya.

Sebagai cara meredakan radang amandel, dokter akan menyarankan pasien untuk beristirahat dan melakukan perawatan di rumah, seperti :

- Memperbanyak konsumsi air putih.

- Mengonsumsi makanan lembut.

- Menggunakan pelembap udara.

- Menghindari asap rokok, debu, dan polusi udara.

Apabila pasien mengalami kesulitan makan dan tidur, gejala yang tak kunjung membaik setelah mengonsumsi antibiotik, hingga mengalami radang amandel berulang, maka dokter akan menyarankan untuk melakukan prosedur operasi pengangkatan amandel. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: