Mengenal Apa itu Abses Peritonsil, Komplikasi Radang Amandel

Mengenal Apa itu Abses Peritonsil, Komplikasi Radang Amandel

Mengenal Apa itu Abses Peritonsil, Komplikasi Radang Amandel-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Peritonsillar abscess atau abses peritonsil adalah komplikasi dari radang amandel (tonsillitis) yang menyebabkan munculnya nanah di sekitar amandel (tonsil). 

Abses peritonsil adalah kondisi yang bisa dialami oleh siapa saja, namun lebih sering terjadi pada anak-anak, remaja, dan orang dewasa muda.

Apa itu Abses Peritonsil (Peritonsillar Abscess)?

Peritonsillar abscess atau abses peritonsil adalah kondisi medis yang terjadi karena terdapat penumpukan nanah di sekitar amandel (tonsil). Abses peritonsil biasanya hanya terjadi pada salah satu tonsil, walaupun pada beberapa kasus bisa juga terjadi pada keduanya. 

Penumpukan nanah pada amandel ini dapat terbentuk dalam waktu 2–8 hari setelah terinfeksi oleh bakteri tertentu. Kondisi ini biasanya terjadi akibat radang amandel (tonsillitis) yang tidak ditangani dengan baik.

BACA JUGA:Inilah Ciri-Ciri Angin Duduk Yang Berbahaya Untuk Kesehatan

Abses peritonsil adalah kondisi yang dapat menimbulkan gejala berupa bengkak dan nyeri tenggorokan. Bahkan, pada beberapa kasus, kondisi ini bisa menyebabkan penderitanya kesulitan untuk membuka mulut, menelan, hingga bernapas.

Penyebab Abses Peritonsil

Penyebab utama abses peritonsil adalah infeksi bakteri pada jaringan lunak di sekitar amandel. Beberapa jenis bakteri yang sering kali menyebabkan terbentuknya abses peritonsil adalah:

- Staphylococcus aureus.

- Group A hemolytic streptococcus (GAS).

- Streptococcus sp.

- Haemophilus influenzae.

BACA JUGA:Efek Samping dan Risiko Operasi Amandel, Berikut Penjelasannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: