Mudah Dilakukan, Begini Cara Mengatasi Batuk Pilek Pada Bayi

Mudah Dilakukan, Begini Cara Mengatasi Batuk Pilek Pada Bayi

Ilustrasi bayi sedang pilek-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Paparan polusi perlu diwaspadai, sebab bisa menjadi penyebab terjadinya Batuk pilek pada bayi

Kondisi batuk pilek ini sering terjadi karena sistem imun bayi masih belum terbentuk sempurna yang membuatnya rentan terserang batuk pilek. 

Meski menimbulkan gejala yang tergolong ringan, penting untuk menangani batuk pilek pada bayi agar tidak menimbulkan komplikasi serius. Lantas, bagaimana cara mengatasi batuk pilek pada bayi?

Salah satu cara menangani bayi yang batuk pilek adalah dengan memberikan lebih banyak asupan ASI. Hal ini dikarenakan ASI mengandung zat pembentuk kekebalan tubuh sehingga dapat meningkatkan sistem imun bayi dalam melawan infeksi.

BACA JUGA:Nebulizer untuk Anak, Ini Manfaat dan Cara Penggunaannya

Cara Mengatasi Batuk Pilek pada Bayi

Batuk pilek menjadi salah satu dampak polusi udara terhadap sistem pernapasan bayi yang perlu diwaspadai. Pasalnya, jika tidak ditangani dengan tepat, kondisi ini berisiko memicu terjadinya infeksi telinga hingga bronkitis (peradangan pada saluran bronkus) pada bayi.

Oleh karenanya, penting untuk meredakan batuk pilek pada bayi dengan segera guna menghindari risiko terjadinya komplikasi serius. Untuk itu, terdapat beberapa cara mengatasi batuk pilek pada bayi yang bisa dilakukan sebagai upaya pertolongan pertama, diantaranya:

1. Memberikan Lebih Banyak ASI

Cara menangani bayi batuk pilek yang pertama adalah dengan memberikan lebih banyak ASI eksklusif. Pasalnya, ASI mengandung zat pembentuk kekebalan tubuh sehingga dapat memperkuat sistem imun tubuh bayi dalam melawan infeksi, termasuk batuk pilek.

BACA JUGA:Bantu Pemulihan, Berikut Rekomendasi Obat Pilek Alami

Selain itu, mengonsumsi ASI yang cukup juga dapat membantu mengencerkan dahak serta melegakan tenggorokan si kecil.

2. Memberikan Minuman Hangat

Apabila si kecil sudah berusia di atas 6 bulan, memberikan air putih hangat juga dapat dilakukan untuk meredakan batuk pilek pada bayi serta mengurangi rasa nyeri pada tenggorokannya. Perlu diingat, jangan mencampurkan madu ke dalam air hangat karena dapat berisiko menyebabkan penyakit botulisme pada bayi di bawah 1 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: