Batu Amandel, Penyebab, Gejala dan Cara Mengobatinya

Batu Amandel, Penyebab, Gejala dan Cara Mengobatinya

Ilustrasi cek amandel-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Tonsil stone, tonsillolith, atau batu amandel adalah batu atau endapan padat yang berada di amandel (tonsil). 

Endapan tersebut dapat terbentuk karena adanya penumpukan kotoran seperti sisa-sisa makanan atau bakteri, serta sel-sel mati di amandel.

Apakah batu amandel berbahaya? Sebetulnya, batu amandel adalah kondisi medis yang tidak berbahaya. Kendati demikian, kondisi ini bisa menimbulkan bau mulut, rasa tidak nyaman, dan sakit tenggorokan sehingga perlu mendapatkan penanganan yang tepat.

Mari kenali penyebab, gejala, diagnosis, serta cara menghilangkan batu amandel melalui ulasan di bawah ini.

BACA JUGA:Efek Samping dan Risiko Operasi Amandel, Berikut Penjelasannya

Apa Itu Batu Amandel?

Tonsil stone atau batu amandel adalah endapan padat yang terbentuk di dalam amandel (tonsil). Amandel merupakan jaringan lunak yang berada di sisi kiri dan kanan pada bagian belakang tenggorokan. 

Pada dasarnya, amandel berfungsi untuk mencegah infeksi dengan menghalau masuknya bakteri, virus, atau kuman lainnya ke dalam tubuh.

Batu amandel sering kali disebabkan oleh penumpukan sisa makanan, bakteri, kotoran, serta sel-sel mati yang akhirnya mengeras menjadi batu di celah-celah amandel (sering disebut sebagai kripta amandel). 

Meski tidak berbahaya, batu amandel berisiko menimbulkan nyeri pada tenggorokan dan bau mulut yang dapat mengganggu penderitanya.

BACA JUGA:Berapa Sih Lama Penderita Lupus Bisa Bertahan Hidup?

Seseorang bisa terkena batu amandel berulang kali. Selain itu, jumlah batu amandel bisa lebih dari satu dengan ukuran yang berbeda-beda. 

Penyebab Batu Amandel

Penyebab utama terbentuknya batu amandel adalah adanya tumpukan sisa makanan atau bakteri dan sel-sel mati yang mengeras di tonsil. Selain itu, sejumlah faktor yang dapat memicu terbentuknya batu amandel adalah sebagai berikut :

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: