Agar Tidak Keliru, Kenali Mitos dan Fakta Mobil Diesel

Agar Tidak Keliru, Kenali Mitos dan Fakta Mobil Diesel

Agar tidak keliru,kKenali mitos dan fakta mobil diesel-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

4. Perawatan Lebih Mahal

Untuk mesin diesel modern saat ini, bila diakumulasi tahunan, tidak benar kalau mesin diesel memerlukan biaya perawatan jauh lebih mahal dari mesin bensin. Di bengkel resmi selisih biaya perawatan sangat tipis dengan bensin. 

BACA JUGA:Saat Berhenti Jangan Asal Matikan Mobil Diesel, Ini Alasannya

5. Berisik

Mesin diesel memang cenderung bersuara lebih keras dari mesin bensin. Ini karena perbandingan kompresi yang sangat tinggi. Tapi untuk mesin diesel modern memiliki keheningan serupa mesin bensin ketika sudah berakselerasi. 

Apa lagi saat ini, kekedapan kabin lebih baik sehingga tidak sampai menganggu Anda ketika dalam perjalanan di dalam kabin. 

6. Gas Buang Lebih Kotor

Mitos ini berhembus karena melihat asap hitam yang keluar dari knalpot. Padahal zat beracun yang dibawa gas buang mesin diesel jauh lebih kecil dibandingkan mesin bensin. 

Emisi CO dan karbondioksidanya juga tidak membahayakan kesehatan kita. Jadi kalau berbicara dari segi kimia, gas buang disel justru lebih ramah lingkungan.

BACA JUGA:Modifikasi Keren Honda Astrea untuk Memperkuat Kesan Klasiknya

7. Lemah di Tanjakan

Mitos ini justru sebaliknya, mesin diesel sangat perkasa di tanjakan. Dengan torsi besar yang bisa diraih di putaran mesin rendah, diesel lebih memudahkan diajak menanjak. 

Baik menggunakan transmisi manual atau otomatis, mesin diesel modern saat ini siap untuk diajak menanjak. 

8. Getaran Lebih Besar

Secara umum, kompresi tinggi di mesin diesel menghasilkan getaran lebih banyak. Tetapi dengan teknologi injeksi elektronik serta turbo, getaran mesin diesel saat ini sudah lebih halus. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: