Agar Tidak Keliru, Kenali Mitos dan Fakta Mobil Diesel

Agar Tidak Keliru, Kenali Mitos dan Fakta Mobil Diesel

Agar tidak keliru,kKenali mitos dan fakta mobil diesel-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Meski tidak sebanyak mobil bensin, mobil dengan mesin diesel masih cukup banyak peminatnya di Indonesia. 

Namun terkadang, keraguan konsumen untuk membeli mobil bermesin diesel adalah akibat beberapa mitos yang beredar di masyarakat. 

Agar tidak terkecoh, kenali mitos dan fakta mobil diesel berikut ini :

1. Selalu Berasap

Pada dasarnya rumor ini tidak salah. Mesin diesel memang mengeluarkan emisi dalam bentuk karbon yang mudah terlihat. Saat akselerasi penuh asap hitam yang keluar dari knalpot

Tapi itu untuk mesin diesel dahulu, untuk mesin diesel modern saat ini aturan emisi di negara maju semakin ketat. Sehingga mobil diesel telah dilengkapi DPF (Diesel Particulate Filter) yang mampu menyaring hingga 95% partikel. 

Bila sudah menumpuk, ada sistem otomatis yang membakar residu tersebut. Jadi bisa dikatakan mesin diesel modern saat ini sudah bebas dari asap.

BACA JUGA:Apa yang Terjadi Jika Mobil Diesel Salah Isi Bensin? Ini Penjelasannya

2. Harga Lebih Mahal

Harus diakui memang benar harga lebih mahal dari bensin dalam mitos dan fakta mobil diesel. Ini karena mesin diesel dibuat dari material yang lebih kuat dibandingkan mesin bensin. 

Alhasil biaya produksi meningkat dan berakibat ke harga jual di pasar. Hal ini juga membuat pajak tahunannya sedikit lebih tinggi di Indonesia. Jadi siap-siap untuk merogoh kocek lebih dalam ketika Anda membayar pajak tahunan.

3. Bertenaga Lebih Kecil

Bila berbicara tentang daya kuda, mesin diesel memang memiliki figur lebih kecil dari bensin. Tapi karena saat ini rata-rata diesel modern sudah dilengkapi turbocharger, angka daya kuda tak lagi kalah. 

Bila berbicara torsi mesin, diesel jauh lebih baik ketimbang bensin. Mesin diesel juga memiliki putaran mesin lebih rendah. Artinya torsi puncaknya sudah bisa keluar di pemakaian sehari-hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: