Cara Aman Menggunakan Retinol, Bahan Ampuh Atasi Penuaan Kulit

Cara Aman Menggunakan Retinol, Bahan Ampuh Atasi Penuaan Kulit

Secara garis besar, fungsi retinol adalah mengatasi tanda-tanda penuaan, termasuk penuaan dini.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Ada begitu banyak bahan dan bahan aktif yang diklaim dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan kulit, tapi hanya beberapa saja memang terbukti dan memberi hasil nyata. Salah satunya adalah retinol, yang dalam 10 tahun terakhir meningkat popularitasnya dan telah menjadi bahan aktif wajib dalam rangkaian perawatan anti-aging. retinol adalah salah satu bentuk retinoid yang merupakan turunan dari Vitamin A. Ketahui lebih jauh tentang bahan aktif ini agar Anda mengetahui cara pemakaiannya yang tepat.

BACA JUGA:Rakor dengan Presiden, Pj Walikota Bengkulu Terima Arahan Jokowi

Retinol adalah Bahan Aktif Kuat untuk Perawatan Anti-Aging

Membahas tentang retinol tak bisa lepas dari retinoid, yaitu turunan dari Vitamin A yang punya banyak bentuk. Retinoid dikenal sangat ampuh dan andal dalam membantu mengatasi berbagai masalah kulit wajah, terutama yang berkaitan dengan penuaan.  Pasalnya, retinoid bekerja langsung di sel-sel kulit yang terdapat di lapisan dermis. Karena merupakan antioksidan, retinoid dapat menetralkan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel kulit, serta dapat memperlambat penuaan sel-sel kulit.

Retinoid memiliki berbagai bentuk dengan kekuatan yang bervariasi dari tinggi sampai rendah. Retinol adalah bentuk retinoid yang kekuatannya tergolong rendah tapi efektif untuk mengatasi tanda-tanda penuaan kulit dan mengatasi jerawat. Retinol banyak dijumpai di produk-produk skincare yang dijual bebas di pasaran, terutama produk-produk yang ditujukan untuk perawatan anti-aging.

BACA JUGA:Menarik, Sejak 1970 Silam Daihatsu Ternyata Sudah Kembangkan Mobil Listrik

Karena memiliki efek samping yang besar, maka tak semua orang bisa memakai retinoid. Pemakaian bentuk retinoid yang kekuatannya tinggi harus di bawah pengawasan dokter kulit, bahkan retinol yang kekuatannya cenderung rendah juga harus dipakai dengan hati-hati. Ibu hamil dan menyusui disarankan untuk menghindari pemakaian retinol kecuali memang diperbolehkan oleh dokter kulit. Selain itu, retinol juga tidak disarankan jika Anda memiliki masalah kulit seperti eksim dan rosacea.

Fungsi dan Manfaat Retinol

Secara garis besar, fungsi retinol adalah mengatasi tanda-tanda penuaan, termasuk penuaan dini. Namun retinol juga dapat berfungsi mengatasi jerawat dan bekasnya, serta merawat kulit wajah berminyak. Penjelasan lebih detail dari fungsi-fungsi retinol adalah sebagai berikut:

1. Mendorong produksi kolagen dan elastin secara alami

Retinol disebut sebagai bahan aktif yang paling andal dalam mendorong produksi kolagen. Keduanya merupakan zat penting yang membantu kulit tetap kencang dan elastis, serta strukturnya menjadi kuat. Anda akan terhindar dari masalah penuaan berupa kulit yang kendur, turun, dan menjadi lebih tipis, serta kerutan dan lipatan yang membuat wajah tampak lebih tua. 

BACA JUGA:Batuk Kering, Penyebab dan Cara Mengatasinya

2. Mendorong pergantian sel-sel kulit

Seiring pertambahan usia, proses peluruhan sel-sel kulit mati yang berjalan lebih lambat, sehingga terjadi penumpukan sel-sel kulit mati di permukaan kulit. Akibatnya, tekstur kulit menjadi kasar, tampak kusam, kering, dan warnanya menggelap. Retinol adalah bahan aktif yang dapat mendorong pergantian sel-sel kulit mati dan rusak dengan sel-sel kulit baru dengan lebih cepat, sehingga kulit tampak lebih segar dan cerah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: