Cara Aman Menggunakan Retinol, Bahan Ampuh Atasi Penuaan Kulit

Cara Aman Menggunakan Retinol, Bahan Ampuh Atasi Penuaan Kulit

Secara garis besar, fungsi retinol adalah mengatasi tanda-tanda penuaan, termasuk penuaan dini.--

3. Mengatasi jerawat

Untuk masalah jerawat, peran retinol adalah membantu  mengeluarkan sumbatan di pori-pori serta membantu meredakan peradangan jerawat. Namun retinol hanya dapat mengatasi jerawat tidak meradang dan jerawat meradang ringan. Untuk jerawat yang lebih parah, harus memakai bentuk retinoid yang lebih kuat seperti tretinoin dan adapalene.  

4. Memudarkan hiperpigmentasi

Karena dapat mendorong pergantian sel-sel kulit, maka retinol dapat membantu mengatasi masalah hiperpigmentasi. Selain itu, retinol juga dapat menghambat kerja enzim dalam pembentukan melanin (zat pigmen kulit) di sel-sel melanosit, sehingga warna kulit yang menggelap kembali menjadi cerah secara bertahap.

BACA JUGA:Inilah Manfaat Timun untuk Perawatan Wajah dan Tips DIY Masker

5. Mengontrol produksi minyak di kelenjar sebasea

Untuk jenis kulit berminyak, manfaat yang diberikan retinol adalah mengontrol agar kelenjar sebasea tidak hiperaktif dalam memproduksi minyak, sehingga jumlahnya tidak berlebih. Produksi minyak yang terkontrol akan mengurangi minyak berlebih di pori-pori dan permukaan kulit, sehingga potensi munculnya jerawat akan menurun. Ukuran pori-pori juga menjadi lebih kecil dan tampak samar.

Tips Pemakaian Retinol yang Aman

Tak hanya manfaatnya, Anda juga harus mempertimbangkan efek sampingnya sebelum memutuskan memakai produk skincare dengan kandungan retinol. Pemakaian retinol yang tidak tepat dapat membuat kulit wajah menjadi sangat kering dan iritasi, seperti gatal-gatal, kemerahan, bahkan bersisik. Retinol juga membuat kulit Anda lebih sensitif dan rentan terhadap kerusakan akibat paparan sinar matahari. Semakin tinggi konsentrasi retinol, maka semakin tinggi pula potensi munculnya efek samping tersebut.

BACA JUGA:Rakor dengan Presiden, Pj Walikota Bengkulu Terima Arahan Jokowi 

Untuk meredam efek samping ini, maka Anda sebaiknya mengikuti saran cara pemakaian retinol yang benar dan aman, yaitu:

Penggunaan retinol untuk pemula sebaiknya dimulai dari konsentrasi yang kecil. Jika setelah pemakaian beberapa bulan kulit wajah telah terbiasa dan tidak ada efek samping, maka Anda dapat meningkatkan konsentrasinya sedikit demi sedikit.

Hindari memakai retinol setiap hari. Pemakaian retinol terlalu sering dapat membuat kulit mengelupas karena proses pergantian sel-sel kulit berlangsung dengan sangat cepat. Anda dapat mengatur pemakaian serum retinol bergantian dengan exfoliating serum dan hydrating serum agar manfaat yang didapatkan lebih optimal. 

Aplikasikan retinol di kulit yang kering. Kulit yang masih separuh basah dan lembap dapat meningkatkan penyerapan retinol ke lapisan kulit, sehingga potensi iritasi menjadi lebih tinggi. Karena itu, tunggu dulu selama beberapa menit sampai produk skincare yang Anda aplikasikan menyerap sempurna, baru aplikasikan retinol.

BACA JUGA:Inilah Essence yang Bagus Bagi Wanita untuk Memuluskan Wajah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: