Inilah Manfaat Timun untuk Perawatan Wajah dan Tips DIY Masker

Inilah Manfaat Timun untuk Perawatan Wajah dan Tips DIY Masker

Ada berbagai cara mendapatkan manfaat timun untuk wajah, seperti menjadikannya toner, face spray, dan masker.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pada musim kemarau yang panas, timun menjadi sayuran yang menyegarkan untuk dikonsumsi. Setelah Anda diterpa sinar matahari terik saat beraktivitas di luar ruangan, rasanya juga sangat menyenangkan untuk mengompres wajah dengan timun yang dingin agar kulit wajah menjadi sejuk dan tenang. Tak hanya itu manfaat timun untuk wajah, Anda bisa mendapatkan berbagai khasiat timun lainnya jika mengetahui cara yang tepat untuk menggunakannya.

BACA JUGA:Jangan Sampai Salah Pilih, Ini Perbedaan Realme C53 dengan Realme C55

Timun adalah sayuran berwarna hijau yang masih satu keluarga dengan labu siam dan pare. Sejak dahulu, timun telah digunakan oleh orang-orang di India sebagai makanan dan obat-obatan. Sebagai makanan, timun menjadi pilihan karena rendah kalori, memiliki cukup serat serta berbagai vitamin, mineral, dan antioksidan. Timun juga memiliki kandungan air yang tinggi, bahkan kandungan airnya mencapai 95 persen, sehingga konsumsinya dapat membantu mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Selain ada manfaat timun untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, timun juga memiliki manfaat khusus untuk kulit wajah. Paling tidak, ada 8 manfaat timun untuk wajah, yaitu:

BACA JUGA:Pertarungan MediaTek Helio G99, Ini Perbandingan Realme 11 vs Infinix Note 30

1. Menyejukkan kulit yang terpapar sinar matahari terik

Timun dapat dijadikan semacam perawatan kulit after-sun karena dapat membantu menyejukkan kulit, bahkan dapat digunakan untuk merawat kulit yang terbakar. Manfaat timun untuk wajah terbakar diberikan dengan cara menyerap panas yang dihasilkan oleh kulit yang terbakar. 

2. Menghidrasi kulit wajah

Saat kulit wajah Anda mulai menunjukkan tanda-tanda dehidrasi, maka timun dapat membantu menghidrasi kulit karena kandungan airnya yang berlimpah. Karena timun mengandung polisakarida, maka cairan akan dikunci di lapisan kulit. Untuk mendapatkan manfaat timun untuk wajah ini, Anda dapat menggunakan masker timun secara teratur, terutama jika jenis kulit wajah Anda kering atau kulit wajah sedang kering. 

BACA JUGA:Geger Warga Kaur Temukan Tengkorak Manusia

3. Membantu meredakan iritasi dan peradangan

Hal lain yang menjadi manfaat timun adalah meredakan iritasi dan peradangan yang terjadi di kulit. Kandungan lignan dari timun berperan besar untuk memberi manfaat ini. Namun perlu Anda pahami bahwa timun hanya meredakan saja, tidak mengatasi penyebab iritasi dan peradangan.

4. Merawat kulit wajah berminyak

Secara alami, timun merupakan astringent ringan yang dapat membantu mengecilkan pori-pori dan mengurangi produksi minyak di kulit wajah. Jika dibuat masker, maka manfaat masker timun adalah membantu merawat kulit wajah yang berminyak sekaligus mencegah munculnya jerawat.

BACA JUGA:Tips Jitu Perawatan Harian Rambut Bagi Wanita Karir

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: