Ganggu Kepercayaan Diri, Simak Penyebab Terjadinya Stretch Mark dan Cara Mencegahnya

Ganggu Kepercayaan Diri, Simak Penyebab Terjadinya Stretch Mark dan Cara Mencegahnya

Stretch mark adalah salah satu permasalahan bagi kebanyakan wanita terlebih usai hamil-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Stretch mark adalah salah satu permasalahan bagi kebanyakan wanita terlebih usai hamil. Walau merupakan kondisi yang normal, banyak orang yang terganggu ketika Stretch mark muncul di kulitnya. 

Ketahui di sini apa saja penyebab stretch mark, supaya masalah kulit ini bisa dicegah sedini mungkin. Stretch mark adalah guratan yang sering nampak pada kulit bagian tubuh yang banyak mengandung lemak, seperti di payudara, perut atas, lengan atas, paha, dan bokong. 

Guratan yang mulanya berwarna merah, merah muda, atau ungu ini lama kelamaan akan berubah menjadi warna putih atau kelabu.

Lantas, sebenarnya apa penyebab terjadinya stretch mark dan bagaimana cara mencegahnya? Yuk, cari tahu jawabannya dengan menyimak ulasan berikut ini. 

BACA JUGA:Ingin Wajah Glowing Tanpa Flek Hitam, dr Zaidul Akbar Bagikan Resep Menggunakan 2 Bahan Ini

Penyebab Stretch Mark

Ada beberapa kondisi yang bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami stretch mark seperti kehamilan, kenaikan berat badan, masa pubertas, warna kulit yang terang, riwayat keluarga serta gangguan kesehatan tertentu. 

Tidak semua orang mengalami stretch mark. Kondisi ini biasanya dialami orang yang kulitnya mengandung sedikit kolagen, yaitu protein yang membuat kulit lentur. 

Stretch mark umumnya muncul karena ukuran tubuh bertambah lebih cepat daripada perkembangan dan elastisitas kulit. Ketika kulit meregang dengan cepat, lapisan tengah kulit (dermis) akan menipis, sehingga lapisan di bawahnya muncul ke permukaan. 

Bila demikian, akan muncul garis atau guratan kemerahan, kadang disertai rasa gatal. Lama-kelamaan garis ini akan berubah menjadi warna putih atau kelabu. Kondisi inilah yang disebut stretch mark. Lalu bagaimana cara mencegah strecth mark muncul? Berikut informasinya. 

BACA JUGA:Pernah Dengar Daun Sambung Nyawa? Ini Khasiat dan Manfaatnya yang Perlu Diketahui

Cara Mencegah Stretch Mark

Stretch mark merupakan kondisi umum yang tidak selalu dapat dicegah. Meski demikian, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meminimalkan risiko munculnya stretch mark, di antaranya:

1. Menjaga berat badan sehat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: