Menarik, Sejak 1970 Silam Daihatsu Ternyata Sudah Kembangkan Mobil Listrik

Menarik, Sejak 1970 Silam Daihatsu Ternyata Sudah Kembangkan Mobil Listrik

Mobil listrik Hijet BEV -(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Daihatsu merupakan salah satu merek mobil ternama asal Jepang. Merek yang masih bersaudara dengan Toyota ini memang belum menjual mobil listrik di Indonesia. 

Namun ternyata Daihatsu sudah mengembangkan mobil listrik sejak tahun 1970-an.

Dijelaskan Chief Coordinator, Marketing, Sales & Promotion Dept., ECC Group, Takao Kunita pada Japan Mobility Show (JMS) 2023, mobil listrik pertama Daihatsu meluncur pada 1999. 

Mobil listrik ini mengusung konsep kendaraan niaga Daihatsu yang populer saat itu, yakni Hijet.

BACA JUGA:Terungkap di JMS 2023, Daihatsu Ternyata Pernah Produksi Motor Roda Tiga

"Mobil listrik Hijet BEV meluncur tahun 1999. Meski begitu, studi mobil ini sudah dari tahun 1970-an. Produksinya tidak banyak karena untuk fleet (armada), bukan retail," jelas Takao.

Kalau diperhatikan, mobil Hijet EV yang dipamerkan Daihatsu di ajang JMS 2023, modelnya seperti mobil van. Selain itu juga disematkan beberapa aksen biru, di bodi depan dan samping bawah.

Pada gelaran JMS 2023, Daihatsu turut menampilkan Hijet EV keluaran 1999 ini. Menariknya juga, Daihatsu turut memajang generasi baru penerus Hijet EV lawas tersebut.

Hijet EV terbaru merupakan hasil kerja sama antara Daihatsu, Toyota, dan Suzuki. Mobil ini diperkenalkan pada Mei 2023 dalam pameran memperkenalkan upaya industri otomotif untuk mencapai netralitas karbon (CN). Acara pameran tersebut diselenggarakan oleh Japan Automobile Produsen Association (JAMA) bersama dengan G7 KTT Hiroshima.

BACA JUGA:Dukung Netralitas Karbon, Suzuki Pamer Kendaraan Masa Depan di JMS 2023

Hijet EV direncanakan masuk jalur produksi di periode tahun fiskal atau hingga Maret tahun 2024. Kira-kira akan masuk pasar Indonesia gak ya? Kita tunggu saja. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: