Ini Dia Manfaat Cuci Muka dengan Air Hangat yang Jarang Diketahui

Ini Dia Manfaat Cuci Muka dengan Air Hangat yang Jarang Diketahui

Baik air hangat maupun air dingin sebenarnya sama-sama memberikan manfaat bagi kesehatan kulit wajah.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sebagian orang mungkin masih bingung apakah boleh mencuci muka dengan air hangat. Sebenarnya, boleh saja membersihkan muka menggunakan air hangat, asalkan masih dalam suhu suam-suam kuku yang memberikan rasa nyaman di kulit. Manfaat cuci muka dengan air hangat salah satunya adalah membersihkan kotoran dan komedo di wajah. Mari simak penjelasan lebih lanjut untuk mengetahui beberapa manfaat cuci muka dengan air hangat dalam ulasan berikut ini.

BACA JUGA:Ikuti Urutan Skincare Yang Benar Ini! Agar Hasilnya Maksimal

Pada dasarnya, mencuci muka bertujuan untuk membersihkan wajah dari sel-sel kulit mati, sebum (minyak), serta debu yang menempel di permukaan kulit setelah seharian beraktivitas di luar ruangan. Mencuci muka bisa menggunakan air dingin maupun air hangat. Mencuci muka menggunakan air hangat dapat memberikan beberapa manfaat bagi kulit, di antaranya sebagai berikut.

1. Membuka Pori-Pori Kulit
Manfaat cuci muka dengan air hangat yang pertama adalah membuat pori-pori kulit lebih terbuka. Pasalnya, paparan suhu hangat di wajah dapat membantu pori-pori terbuka, sehingga minyak, kotoran, dan debu yang menumpuk di pori-pori kulit bisa terangkat dengan mudah saat mencuci muka. Apabila kotoran, minyak, dan debu yang terperangkap di pori-pori kulit bisa terangkat dengan baik, kulit wajah pun akan terhindar dari masalah jerawat.

BACA JUGA:Wajib Tahu, Inilah Penyebab Munculnya Jerawat dan Cara Mengatasinya

2. Melembutkan Kulit
Jika memiliki keluhan mengenai kondisi kulit wajah yang terasa kaku dan menebal, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya adalah cuci muka dengan air hangat. Kondisi tersebut biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri atau terdapat bekas luka.Membersihkan wajah dengan air hangat diketahui dapat membantu melembutkan tekstur kulit, sehingga kulit yang sebelumnya terasa kaku bisa kembali terasa kenyal dan lembut.

3. Melembapkan Kulit Wajah
Manfaat cuci muka dengan air hangat berikutnya adalah membantu melembapkan kulit wajah. Manfaat ini bisa diperoleh apabila Anda mengaplikasikan pelembap wajah setelah cuci muka dengan air hangat. Pasalnya, efektivitas krim pelembap akan meningkat apabila dioleskan ke kulit wajah yang sedikit basah karena air hangat. Krim pelembap tersebut akan membentuk lapisan dan menyerap air yang tersisa di kulit, sehingga kelembapan bisa bertahan lebih lama.

BACA JUGA:Buat Wajah Jadi Lebih Bersinar, Ini Dia Manfaat Jeruk Nipis Untuk Wajah!

4. Skincare Lebih Cepat Terserap
Pori-pori kulit wajah yang terbuka setelah mencuci muka dengan air hangat dapat memudahkan kulit  dalam menyerap produk skincare. Dengan begitu, efek yang dihasilkan dari produk perawatan wajah tersebut pun juga bisa menjadi lebih optimal.

Aturan Mencuci Muka dengan Air Hangat
Perlu diingat untuk tidak mencuci muka dengan air panas. Pasalnya, air panas dapat menghilangkan keratin (zat lemak) yang berperan dalam menahan air di kulit. Hal ini menyebabkan keratin rentan rusak sehingga gagal menjaga kelembapan kulit. Akibatnya, kulit menjadi kering. Di samping itu, mencuci muka dengan air panas saat kulit sedang meradang juga dapat memperburuk kondisinya.

Jadi, sebelum cuci muka dengan air hangat, pastikan suhu air tidak terlalu panas. Kemudian, setelah cuci muka menggunakan air hangat dan membersihkan muka dengan sabun, jangan lupa membilas wajah dengan air dingin. Membilas wajah menggunakan air dingin dapat membantu mengecilkan pori-pori dan meningkatkan sirkulasi darah di wajah. Alhasil, wajah pun akan tampak lebih berseri.

BACA JUGA: Childfree, Adakah Pengaruhnya Bagi Kesehatan?

Lebih Baik Cuci Muka dengan Air Hangat atau Air Dingin?
Setelah mengetahui beberapa manfaat cuci muka dengan air hangat, lantas mana yang dinilai lebih baik untuk kesehatan kulit wajah? Air hangat atau air dingin? Baik air hangat maupun air dingin sebenarnya sama-sama memberikan manfaat bagi kesehatan kulit wajah. Jadi, Anda pun bisa memilih sendiri sesuai dengan kebutuhan Anda berdasarkan penjelasan di atas. Sementara itu, jika kondisi kulit sedang berjerawat, Anda disarankan untuk mencuci muka dengan air dingin guna mengurangi peradangan.

Tips Mencuci Muka yang Tepat
Mencuci muka perlu dilakukan setidaknya dua kali sehari untuk mencegah penumpukan kotoran yang menjadi penyebab munculnya jerawat dan masalah kulit lainnya. Berikut adalah beberapa tips mencuci muka dengan tepat: Pilih facial wash atau sabun cuci muka yang berbahan lembut. Hindari sabun dengan kandungan alkohol dan pastikan tidak bersifat abrasif. Basuh muka dengan air hangat dan aplikasikan sabun wajah ke seluruh muka secara merata. Gosok wajah dengan gerakan tangan memutar secara perlahan. Hindari menggosok wajah dengan kasar.

BACA JUGA:Menghilangkan Gatal di Miss V dengan Air Garam dengan Mudah di Rumah

Bilas wajah dengan air dingin setelahnya, kemudian keringkan dengan cara ditepuk-tepuk menggunakan handuk halus atau tisu secara perlahan. Oleskan pelembap wajah setelah cuci muka untuk menjaga kulit wajah tetap lembap.Itulah penjelasan tentang manfaat cuci muka dengan air hangat yang perlu Anda ketahui. Jadi, sebenarnya boleh-boleh saja menggunakan air hangat untuk membersihkan wajah, asalkan Anda sudah memastikan suhunya sesuai.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: