Ikuti Urutan Skincare Yang Benar Ini! Agar Hasilnya Maksimal

Ikuti Urutan Skincare Yang Benar Ini! Agar Hasilnya Maksimal

Skincare malam memiliki urutan yang lebih panjang daripada skincare pagi, karena wajahmu telah melalui hari yang panjang sehingga perlu perawatan ekstra.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Siapa yang masih belum tahu urutan skincare yang benar? Ada perbedaan urutan skincare pagi dan malam. Jika kamu ingin kulit sehat dan rangkaian perawatan kulitmu bekerja maksimal, sebaiknya ikuti urutan dan cara pakai yang benar.

Menerapkan produk dalam urutan tertentu membantu kulit menyerapnya dengan lebih baik dan mendapatkan manfaat penuh. Setelah membersihkan kulit, aturan dasarnya adalah mengaplikasikan produk mulai dari tekstur yang paling tipis hingga yang paling berat.

BACA JUGA:Mau Coba Diet Ala Intermittent Fasting? Manfaatnya Banyak Sekali

Urutan skincare pagi

Sebelum membahas urutannya, kamu perlu tahu bahwa skincare yang wajib itu hanya cleanser, pelembab, dan sunscreen, selebihnya menjadi pilihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Berikut adalah urutan skincare pagi yang bisa kamu ikuti:

1. Cleanser
Langkah pertama dari setiap rutinitas perawatan kulit adalah selalu membersihkan. Saat bangun tidur di pagi hari, kamu cukup membersihkan wajah langsung dengan sabun muka.
2. Toner
Toner tidak hanya membantu menyeimbangkan tingkat pH kulit, tetapi juga mengencangkan pori-pori dan mengurangi efek kerusakan lingkungan pada kulit.
3. Serum
Selanjutnya, serum. Dari jerawat dan pigmentasi hingga mencerahkan dan anti-penuaan, ada serum yang ditujukan khusus untuk masalah kulit kamu. Serum tersebut dikemas dengan bahan aktif yang meresap jauh ke dalam kulit dan menargetkan lapisan yang lebih dalam untuk menghasilkan perubahan.

BACA JUGA: Childfree, Adakah Pengaruhnya Bagi Kesehatan?

4. Krim mata
Lingkaran hitam atau tidak, krim mata sangat penting untuk rutinitas dan membantu menjaga kulit halus serta melindunginya dari faktor lingkungan.
5. Obat totol jerawat
Ini adalah langkah yang sangat penting bagi orang-orang dengan kulit berjerawat. Oleskan obat atau krim hanya pada area yang bermasalah, dan biarkan mengering sebelum melanjutkan skincare selanjutnya.
6. Pelembap
Alih-alih memilih pelembap generik, sebaiknya kamu menggunakan pelembap yang ditujukan untuk jenis kulitmu dan mengatasi masalah kulit secara spesifik.
7. Sunscreen
Terakhir, tabir surya atau sunscreen. Jika kamu ingin mencegah penuaan dini, penyamakan kulit, bintik hitam dan masalah kulit lainnya, kamu tidak boleh melewatkan langkah ini. Gunakan tabir surya yang menawarkan perlindungan UV spektrum luas SPF 30 atau lebih.

BACA JUGA:Begini Cara Mengatasi Penuaan Dini Pada Wajah Di Usia 35

Urutan skincare malam

Skincare malam memiliki urutan yang lebih panjang daripada skincare pagi, karena wajahmu telah melalui hari yang panjang sehingga perlu perawatan ekstra. Berikut urutannya:

1. Makeup removal
Kamu bisa menggunakan micellar water, milk cleanser, atau cleansing balm. Meskipun kamu tidak menggunakan make up yang tebal, sebaiknya tahap pertama ini tidak dilewatkan.
2. Cleanser
Cleanser atau sabun pencuci muka, pilih sabun yang bersifat lembut dan tidak membuat kulitmu mudah memerah.
3. Toner
Sama seperti skincare pagi, toner akan menyeimbangkan pH kulit setelah penggunaan sabun. Kulit juga akan lebih lembab dan siap untuk menerima produk selanjutnya.

BACA JUGA:Dijamin Cantik Natural, Tips Make Up Simpel Anti Menor!

4. Serum
Pilihlah serum sesuai kebutuhan dan masalah kulit misalnya serum untuk jerawat, meratakan warna kulit, atau hanya sekedar menghidrasi.
5. Krim mata
Area mata memiliki kulit yang sangat lembut dan mudah berkerut, sehingga kamu tidak boleh melewatkan perawatannya pagi dan malam.
6. Pelembap atau krim malam
Kamu bisa mengganti pelembab dengan krim malam jika perlu, asalkan memiliki tekstur yang mampu melembabkan kulit.
7. Retinol
Bahan aktif vitamin A ini dapat menjadi solusi dari berbagai masalah kulit seperti kerutan, jerawat, komedo, dan kulit kusam. Kamu bisa mengaplikasikan retinol 2x seminggu jika masih pemula.

BACA JUGA:Berapa Jam Tidur yang Baik dan Ideal untuk Kesehatan dan Kecantikan?

8. Face oil
Tahap ini menjadi pilihan tambahan, kamu boleh melewatkannya jika dirasa tidak perlu. Face oil akan melindungimu dari bakteri pada bantal saat tidur, juga memaksimalkan penyerapan produk skincare lainnya.
9. Masker
Penggunaan masker hanya dibutuhkan 2x seminggu, kamu bisa memilih berbagai jenis masker sesuai kebutuhan seperti sheet mask, mud mask, clay mask, organik mask, dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: