Mau Diet Tapi Menderita Asam Lambung? Coba Panduan Diet Berikut

Mau Diet Tapi Menderita Asam Lambung? Coba Panduan Diet Berikut

Ilustrasi menu makanan diet untuk penderita asam lambung-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Selain oatmeal, sayur dan buah juga termasuk makanan tinggi serat yang baik untuk penderita asam lambung selama menjalani program diet. 

Namun, penting bagi penderita diet untuk memilih sayur dan buah yang tidak terlalu asam guna mencegah naiknya asam lambung. 

Adapun jenis buah dan sayur yang dapat dipilih oleh penderita asam lambung di antaranya pisang, melon, pir, brokoli, dan sayuran berdaun hijau.

BACA JUGA:Penyakit Cacar Air, Penyebab, Gejala, dan Cara Pengobatannya

3. Nasi Merah

Untuk memenuhi kebutuhan energi selama diet, penderita asam lambung dapat mengonsumsi nasi merah sebagai makanan pokok. 

Hal ini dikarenakan nasi merah mengandung karbohidrat kompleks yang dapat dicerna lebih lama sehingga mampu menjaga keseimbangan produksi asam lambung.

4. Makanan Yang Mengandung Lemak Sehat

Rekomendasi menu diet untuk penderita asam lambung selanjutnya adalah makanan yang mengandung lemak sehat, seperti buah alpukat, kacang-kacangan, minyak zaitun, susu kedelai, dan ikan laut. 

Selain sebagai sumber energi, makanan yang mengandung lemak sehat juga dapat membuat tubuh Anda merasa kenyang lebih lama sehingga mampu mengontrol asupan makanan selama diet.

5. Jahe

Jahe direkomendasikan sebagai menu diet untuk penderita asam lambung karena mengandung senyawa yang bersifat antiradang dan antioksidan sehingga dapat mengurangi kontraksi otot pada lambung serta meredakan berbagai macam gejala maag. Untuk mengonsumsinya, Anda bisa merebus jahe dalam air mendidih untuk membuat minuman herbal.

BACA JUGA:Wajib Tahu, Bisakah Cacar Monyet Sembuh Sendiri?

Untuk memastikan kondisi tubuh, penderita asam lambung juga dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menjalani program diet. Penting pula bagi penderita penyakit asam lambung untuk mengimbangi program diet dengan pola hidup sehat lainnya, seperti memenuhi kebutuhan cairan tubuh serta istirahat yang cukup. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: